Bupati Serahkan Tali Asih Kepada 214 Bilal Mayit Se Langkat Hulu

1 Orang Bilal Mayit Berangkat Haji dan 18 Orang Berangkat Umroh Gratis Dari Bupati

Bupati Langkat Terbit Rencana PA memberikan tali asih kepada Bilal Mayit Kabupaten Langkat di Kecamatan Kuala, Selasa (15/10/19).

Langkat-BP: Bupati Langkat Terbit Rencana PA memberikan tali asih kepada Bilal Mayit Kabupaten Langkat se Langkat Hulu, bertempat di Kecamatan Kuala, Selasa (15/10/19).

Setelah menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis  kepada 214 orang, dengan total anggaran  Rp.53.500.000, untuk Bilal Mayit se Langkat Hulu.

Bupati Langkat memberikan hadiah berangkat haji kepada 1 orang Bilal Mayit dan berangkat umroh kepada 18 orang Bilal Mayit Kecamatan Kuala, secara gratis.

Bupati Langkat pada sambutannya, berharap, sedikit bantuan  yang diberikan ini tidak membuat para Bilal Mayit kehilangan rasa syukur dengan melihat nilai materilnya, namun lihatlah kepedulian Pemkab Langkat, kepada semua masyarakatnya.

“Kami menyadari bantuan ini tidak besar, namun harapannya bantuan ini bisa bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari,”ujarnya.

Bupati juga menyampaikan, bahwa bantuan ini sebuah penghargaan dan ucapan terima kasih  Pemkab Langkat kepada Bilal Mayit, atas bantuannya selama ini dalam menunaikan fardhu kifayah. Sebab profesi ini, tidak semua orang mau melaksankannya, karena selain tidak mendapatkan standar upah (gaji) juga harus siap meneriam tugas 24 jam.

“Kapanpun harus siap sedia, saat umat membutuhkan,”tandasnya.

Meski demikian, sambung Bupati, bapak dan ibu  (para Bilal) tetap melaksankannya dengan keihklasan, untuk menjalankan sekaligus menyelesaikan penyelenggaraan fardhu kifayah ini.

“Semata-mata untuk memenuhi kewajiban sebagai umat muslim,”pungkasnya.

Sembari mengajak masyarakat Langkat, untuk bersama mendokan para Bilal Mayit dan keluarga agar selalu mendapatkan keafiatan dan keberkahan dari Allah SWT.

Kabag Kessos H.Syahrizal pada laporannya, menjelaskan, bahwa bantuan ini akan diberikan kepada seluruh Bilal Mayit yang ada di Kabupaten Langkat, dengan jumlah keseluruhan 3.926 orang dan total anggarannya Rp.981.500.000, dengan masing-masing menerima Rp. 250 ribu.

"Lokasi penyerahan bantuan dibagi tiga lokasi, yaitu di Langkat Hulu yang saat ini telah dilaksanakan, selanjutnya di Langkat Hilir dan Teluk Aru," jelasnya.

Selanjutnya, Syahrizal menyampaikan, bahwa di kesempatan itu selain 18 orang tersebut, terdapat juga 1 orang Bilal Mayit yang mendapatkan hadiah Haji gratis, atas nama Boiman Ginting (47) warga Desa Bekiung Kec. Kuala.

"Untuk hadiah umrohnya dana dari pribadi Bupati, sedangkan dana berangkat Hajinya dari Pemkab Langkat, " ungakapnya.

Turut hadir Kakan Kemenag Langkat, Sekdakab dan para pejabat Pemkab Langkat, bilal mayat se Langkat Hulu, tokoh masyarakat/agama/ etnis dan Pemuda serta undangan lainnya. (BP/L1)

Penulis: -

Baca Juga