Diperkirakan Transaksi Normal Senin, Sambut Tahun Baru Imlek 2571, Ekonomi di Medan Lumpuh

Medan-BP: Transaksi  ekonomi dan perdagangan barang di Kota Medan, nyaris lumpuh dan terlihat sepi dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2571, Sabtu (25/1/2020).

Pantauan harianbatakpos.com saat memasuki hari pertama perayaan Imlek bagi warga Tionghoa di Kota Medan ini, Sabtu (25/1/2020) pagi sekitar pukul 08:00 WIB, arus kenderaan pribadi dan angkutan umum terlihat sepi. Satu persatu kelihatan kenderaan melintas di berbagai ruas jalan protokol di Kota Medan.

Demikian juga pemilik toko di sentra perdagangan barang seperti Jalan Cirebon, Jalan Pandu, Jalan Sutomo, Jalan Asia dan berbagai kawasan lainnya, menutup rapat tokonya dan hampir tidak ada transaksi jual beli dengan para konsumen. Demikian juga transaksi perdagangan di beberapa bank konvensional terlihat tutup dan hanya dijaga petugas satpam.

Halim salah salah satu pemilik toko di Jalan Asia Medan ketika dihubungi mengatakan, pemilik toko dan penjual elektronik di Kota Medan menutup usahanya karena menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada hari ini.

Pemilik toko barang dan elektronik, jelas Halim lagi, sebagian ada yang di rumah menyambut kedatangan keluarga dan sanak saudara. Sedangkan sebagian lagi ada yang memanfaatkan perayaan bersama keluarga ke luar Kota untuk berlibur.

“Kalau yang pergi ke klenteng juga ada. Kalau menurut tradisi, toko akan buka kembali seperti semula secara keseluruhan  terhitung mulai, Senin depan. Senin transaksi mulai normal kembali,” terang Halim.

Halim juga menambahkan, menyambut perayaan Imlek, para karyawan dan karyawati toko juga telah diberitahukan dan diliburkan. “Senin mereka akan masuk kerja dan melayani konsumen kembali yang memberi perlengkapan rumah tangganya,” jelas Halim.

Menyinggung adanya salah satu toko Jalan Asia No24/26 yang melakukan ibadah Sembahyang dan menyantuni warga dengan pemberian Angpao, Halim membenarkannya.

Acara ini, dilaksanakan oleh Ta Seng Fo Thang Thai Sen Ukcok atau Kera Sakti sebagai bentuk social  dengan suhunya Aliong, menolong orang dengan memberikan angpau.

“Acara derma bakti akan dilakukan pukul 10:00 pagi ini. Sedangkan hasil pantauan wartawan kita sudah puluhan warga berjejer mengantri menunggu acara pembagian Angpau dilakukan. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga