Gelar Pelatihan Membatik dan Reperasi HP, Dinas Perindustrian Medan Bakal Ciptakan Wirausahawan Baru Terampil dan Mandiri

Plt Kadis Perindustrian Medan Parlindungan S Sos, MAP didampingi Kepala Bidang Industri Dasar dan Aneka (IDA) Dinas Perindustrian Kota Medan Ayub Saufi, SH dan para peserta pelatihan foto bersama. BP/erwan

Medan-BP: Dinas Perindustrian Kota Medan selaku perpanjangan Pemko Medan bakal menciptakan para wirausahawan baru yang trampil dan mandiri dalam menekuni bidang membatik dan reperasi handphone.

Plt Kadis Dinas Perindustrian Kota Medan Parlindungan S Sos, MAP mengatakan hal itu dalam pidato sambutannya pada acara pembukaan Pelatihan membatik dan reparasi handphone yang berlangsung di Komplek PIK Menteng, Kecamatan Medan Denai, Senin (4/11/2019) Pagi.

Parlindungan menjelaskan, Dinas Perindustrian Kota Medan memiliki program Pengembangan Industri Kecil dan Menengah, salah satunya kegiatan pelatihan membatik dan reperasi handphone. Batik dalam kesehariannya lebih banyak digunakan sebagai busana yang memberikan pesona akrab dengan nuansa tradisi lokal.

Saat ini, imbuhnya lagi, busana dengan motif batik, dapat digunakan pada setiap kesempatan baik secara santai maupun acara formal, religius dan kantoran bahkan sebagai seragam untuk oraginsasi tertantu dan seragam sekolah. Artinya, batik tidak lagi hanya dipakai orangtua bahkan saat ini usia muda dan anak-anak sangat pantas menggunakannya.

Kepala Bidang Industri Dasar dan Aneka (IDA) Dinas Perindustrian Kota Medan Ayub Saufi, SH saat meninjau dan menyaksikan pelatihan membatik. BP/erwan

Untuk itu, jelas Parlindungan lagi, diharapkan para peserta serius mengikuti pelatihan membatik ini dengan sebaik-baiknya, begitu juga dengan peserta pelatihan reperasi handphone, seiring perkembangan zaman dan teknologi, khususnya elektronika digital dan pemprograman, handphone fungsinya bukan hanya sebagai alat komunikasi saja tetapi sudah memiliki fitur yang lebih berkembang dan lebih maju kearah multimedia sehingga cara service hanphone pun lebih kompleks dari sekedar fungsi utama.

“Saya harapkan para peserta pelatihan membatik dan reperasi handphone  lebih serius agar dapat menjadi wirausahawan-wirausahawan baru yang terampil dan mandiri,” tutup Parlindungan yang disambut antusias dan respon yang besar dari puluhan peserta tersebut.

Sebelumnya Kepala Bidang Industri Dasar dan Aneka (IDA) Dinas Perindustrian Kota Medan Ayub Saufi, SH dalam laporannya menyebutkan, pelaksanaan pelatihan membatik dan reperasi handphone dengan tujuan menciptakan peluang usaha dan peluang kerja yang dapat meningkatkan kesejahteraan para peserta pelatihan.

Untuk pelatihan membatik dilaksanakan 15 hari, mulai 04-21 November 2019 dengan jumlah peserta 30 orang yang berasal dari Kecamatan Medan Timur dan Medan Petisah. Sedangkan untuk pelatihan reperasi handphone, dilasanakan selama 7 hari kerja mulai 04 sampai 12 November 2019 dengan jumla peserta 30 orang yang berasal dari Kecamatan medan Timur dan medan Petisah.

Saat acara pembukaan pelatihan membatik dan reparasi handphone, para peserta terlihat  antusias dan penuh semangat. Acara juga dihadiri Camat Medan Tembung, Medan Maimun, Medan Petisah dan Medan Timur serta mewakilinya, para Kepala Bidang Dinas Perindsutrian Kota Medan, Kepala Seksi, para instruktur pelatihan membatik dan reperasi handphone serta para ASN dan Purba Plt UPT PIK Menteng Medan. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga