Kisah Kedekatan BJ Habibie dengan Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao

BJ Habibie Dan Xanana Gusmao.Foto/istimewa

Medan-BP : Beredar sebuah video saat mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao memeluk dan mencium kening Presiden RI ke-3, BJ Habibie saat terbaring sakit. Ternyata, Xanana dan BJ Habibie  memiliki hubungan kerabat yang cukup dekat.

Berikut kisah kedekatan Xanana Gusmao dan BJ Habibie yang terjalin hingga akhir hayatnya seperti dilansir dari merdeka.com, Sabtu (14/9/2019).

Berawal dari Kemerdekaan Timor Leste

Kedekatan mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao dengan BJ Habibie berawal dari referendum kemerdekaan Timor Leste. Tepat pada tahun 1999, BJ Habibie memutuskan digelarnya referendum Timor Timur.

Menurut Habibie, penyelesaian status Timor Timur melalui jalan referendum ini sudah bertahun-tahun diajukan berbagai pihak dalam forum internasional. Artinya, Timor Timur saat itu diberikan pilihan, memilih referendum atau tidak. Hasilnya, Timor Timur memilih referendum dan menentukan jalannya sendiri.

Habibie memiliki alasan memberikan referendum pada Timor Timur saat itu. Alasannya, karena setiap bangsa berhak untuk menentukan nasibnya sendiri.

"Seperti telah saya nyatakan dalam pidato pertanggungjawaban betapa pun pahit dan pedihnya kita menyaksikan kekalahan rakyat Timor Timur yang prointegrasi dalam jajak pendapat tersebut, namun kita sebagai bangsa yang besar yang menjunjung tinggi nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945- yang dalam era baru sekarang ini berketetapan hati untuk memajukan demokrasi dan pelaksanaan hak azasi manusia- harus menerima dan menghormati hasil jajak pendapat itu," kata Habibie.

Membebaskan Xanana yang Pernah jadi Tahanan Politik

Tak hanya itu saja, kedekatan keduanya juga terjalin ketika BJ Habibie menjabat sebagai presiden RI. Saat itu, Habibie memerintahkan agar semua tahanan politik dibebaskan. Salah satunya Xanana.

"Dengan demikian Xanana sangat berterima kasih karena beliau tidak tahu menahu, tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie. Dengan demikian kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto.

Menjenguk BJ Habibie di Rumah Sakit

Xanana Gusmao menyempatkan diri menjenguk BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto menceritakan, peristiwa tersebut terjadi pada Agustus 2019. Saat itu Xanana tengah mengunjungi Habibie di rumah sakit. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit.

"Xanana sendiri yang hadir ke Jakarta," kata Rubi.

Saat itu, kata Rubijanto, keduanya membahas tentang batalnya rencana Habibie untuk datang ke Timor Leste. "Di mana di Timor Leste sudah disiapkan untuk acara-acara yang cukup berterima kasih dari Timor Leste karena beliau, bisa merdeka," ucap Rubijanto.

Penghargaan Timor Leste untuk BJ Habibie

Timor Leste memberikan penghargaan untuk jasa BJ Habibie. Nama BJ Habibie menjadi nama salah satu jembatan di Timor Leste, yaitu Jembatan B.J. Habibie di Desa Bidau Sant'ana, Dili.

Peresmian jembatan itu dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Utusan Khusus Presiden RI dalam Peringatan ke-20 Hari Pelaksanaan Jajak Pendapat di Dili, 29 Agustus lalu.

Jembatan yang memiliki panjang 540 meter, lebar 8 meter dan 2 jalur ini, dibangun oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) asal Timor Leste dengan anggaran USD 3,9 juta.

Dalam pernyataan resminya, Menteri Basuki menyampaikan bahwa pembangunan Jembatan BJ Habibie di negara tetangga Indonesia tersebut merupakan bukti bentuk kecintaan bangsa Timor Leste terhadap sosok negarawan ini.

"Saya ditugasi Presiden Joko Widodo untuk mewakili Indonesia memenuhi undangan Presiden Timor Leste menghadiri 20 tahun Jajak Pendapat Timor Leste. Terkait peresmian jembatan di Dili dengan nama 'B.J. Habibie', ini merupakan kehormatan bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak Habibie," kata Menteri Basuki. (red)

Penulis: -

Baca Juga