Pimpinan DPRD Tapsel Dilantik

Ketua Pengadilan Negeri P. Sidimpuan Julius Panjaitan SH, MH foto bersama dengan Bupati dan Wabup Tapsel usai pelantikan, Rabu (16/10-2019). Foto : BP/AA

Tapsel-BP : Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu SH menghadiri pelantikan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Tapsel periode 2019-2024 bertempay di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Tapsel Jalan Prof Lafran Pane Sipirok, Rabu (16/10-2019).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubsu Nomor 188.44/610/KPTS/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tapsel masa jabatan 2019-2024 tertanggal 11 Oktober 2019.

Usai pembacaan SK Pengangkatan, dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Padangsidimpuan Julius Panjaitan SH, MH disaksikan seluruh anggota dewan dan tamu undangan yang hadir.

Adapun Pimpinan DPRD Tapsel yang baru dilantik secara defenitif yaitu Husin Sogot Simatupang dari Partai Gerindra sebagai Ketua, H Rahmad Nasution SSos dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua I dan H Borkat SSos, MM dari PAN sebagai Wakil Ketua II.

Bupati H Syahrul M Pasaribu pada sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD Tapsel yang baru, semoga dapat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pimpinan dewan sesuai ketentuan yang berlaku serta menjunjung tinggi amanah rakyat sehingga kedepan hubungan Pemerintah Daerah dengan DPRD yang selama ini sudah terjalin dengan baik dapat semakin ditingkatkan demi mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera.

"Pelantikan ini merupakan momen yang kita tunggu-tunggu, karena tanpa pimpinan DPRD dan alat kelengkapan lainnya yang belum dibentuk maka proses regulasi yang akan dilakukan akan mengalami stagnasi," ujarnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa Ranperda APBD TA 2020 sudah menunggu untuk dilakukan pembahasan dan pengesahan. Begitu juga masih banyak terdapat regulasi-regulasi lainnya baik di bidang Sosial, Pembangunan maupun bidang lainnya.

"Berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, khususnya pasal 148. DPRD merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat yang berkedudukan sebagai unsur Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang menjalankan fungsi Pembentukan Peraturan Daerah, Anggaran dan Pengawasan," jelasnya.

Syahrul juga menegaskan bahwa keberadaan Pimpinan dan anggota DPRD Tapsel selain bisa menjalankan tiga fungsi tersebut juga mampu mendukung pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui kemitraan antara pemerintah dan masyarakat.

"Sekali lagi saya ucapakan selamat bagi Pimpinan DPRD terpilih, dengan demikian semua nantinya bisa memberikan sinergitas yang baik dan selalu menjaga kekompakan kedepan dalam memajukan masyarakat Tapsel yang kita cintai ini," pungkasnya.

Ketua Pengadilan Negeri P. Sidimpuan Julius Panjaitan SH, MH melantik dan mengambil sumpah/janji pimpinan DPRD Tapsel.Foto : BP/AA

Sedangkan Ketua DPRD Tapsel yang baru dilantik Husin Sogot Simatupang dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelaksanaan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD tendapat dalam UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Kami selaku pimpinan DPRD mengucapkan terimakasih kepada Ketua PN Padangsidimpuan yang sudah bersedia mengambil sumpah/janji jabatan," katanya.

Sogot juga berharap dengan dilaksanakannya Pelantikan Pimpinan DPRD 2019-2024, kami akan segera menyusun alat kelengkapan dewan (AKD) yang lain sehingga nantinya dapat berjalan dan terlaksana tugas dan fungsinya sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Dengan demikian, saya berharap untuk semua Ketua-ketua Fraksi agar sesegera mungkin mempersiapkan penempatan personal Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan Badan Kehormatan Dewan yang akan kita tetapkan pada Sidang Paripurna berikutnya," ujar Sogot.

Ditegaskan Sogot juga, dalam mempercepat pembangunan di Tapsel, itu semua tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dari semua pemangku kepentingan.

"Oleh karenanya, saya berharap kepada Bupati serta Forkopimda agar dapat memberikan dan dukungan yang baik dengan DPRD Tapsel. Sehingga kami bisa menjalankan tugas dan fungsi demi kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi, partai dan golongan," pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Tapsel H Aswin Efendi Siregar, Forkopimda Tapsel, anggota DPRD, Sekdakab Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Sekwan, Ketua MUI Tapsel, mewakili KPUD dan Bawaslu Tapsel, Camat se-Tapsel, pimpinan Perguruan Tinggi, pimpinan Ormas/OKP, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga