oleh

Polres Langkat Gelar Perayaan HUT Satpam

Langkat-BP: Peringatan hari ulang tahun ke-38 satuan pengamanan (Satpam) berjalan lancar dan penuh hikdmat, dipusatkan di halaman Jananuraga Mapolres Langkat, Selasa (8/1) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan, dengan tema “Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”.

Dalam sambutan tertulis Kapolri Jendral Tito Karnavian yang disampaikan Kapolres Langkat mengatakan, momentum ini kiranya dapat dijadikan sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satpam, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Pada lingkup nasional, bangsa indonesia tengah menyambut agenda pemilu tahun 2019, sebagai wujud dari pesta demokrasi. Jika ditinjau dari prespektif keamanan, agenda tersebut memiliki karakertistik potensi kerawanan yang khas, karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres akan digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019.

Kondisi tersebut memunculkan beberapa potensi kerawanan yang harus diantisipasi, baik dalam tahapan lampanye, pemungutan, perhitungan, maupun rekapitulasi suara, diantaranya potensi pemamfaatan isu Sara dan politik identitas, serta penyebaran hoax dan hatespeech yang berpotensi terhadap timbulnya konflik sosial.

Satuan pengamanan memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan kamtibmas dilingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna macu pertumbuhan ekonomi.

Lebih jauh disampaikan, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya personel satuan pengamanan harus mampu menditeksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkanya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah langkah antisipasi. Dengan demikian eksistensi satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan dilingkungan tugasnya masing masing.

Sebelumnya Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan memberikan penghargaan kepada satpam terbaik, antara lain Satpam PT Pertamina EP Aset I Fled Pangkalan Susu sebagai terbaik pertama, terbaik ke II PT LNK Perkebunan Marike, dan terbaik III PT Buana estate kebun tamaran. (BP/L1)

Komentar

News Feed