Polres Langkat Peringati Hari Bhayangkara ke-73 Tahun 2019

Bupati Langkat, Terbit Rencana PA saat memyampaikan amanat Presiden RI Ir.H. Joko Widodo

Langkat-BP: Bupati Langkat Terbit Rencana PA bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan ke 73 hari Bhayangkara Tahun 2019 dijajaran Polres Langkat, bertema dengan semangat PROMOTER pengabdian Polri untuk masyarakat , bangsa dan negara, di Lapangan Bola Kaki Polsek Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat, Rabu (10/7/2019).

Bupati Langkat pada pidatonya, menyampaikan amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, atas nama rakyat, bangsa dan negara Indonesia, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke 73, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, di mana pun bertugas.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,”tuturnya.

Bupati pada teks pidatonya, juga mengajak, dimomentum yang baik ini, untuk mendoakan para personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan balasan atas seluruh pengorbanan, perjuangan, dan pengabdian, serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Selanjutnya, Bupati Langkat melalui amanat Presiden, menjelaskan, bahwa kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah. Yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Selain itu, seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

“Berbagai capaian tersebut, saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”pungkasnya.

Terakhir, Bupati menyampaikan beberapa instruksi Presiden, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri. Pertama, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Kedua, kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan public yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

“Untuk yang keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Sedangkan yang Kelima, perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri,”paparnya.

Bupati Langkat saat memeriksa barisan peserta upacara

Usai upacara yang dikomandoi Kanit Pidum Polres Langkat IPTU Bram Candra, Bupati Langkat di damping Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan berserta para pejabat tinggi Polres Langkat dan Pemkab Langkat, melepaskan balon ke udara sebagai tanda peringatan hari Bhayangkara. Pada acara resepsi syukuran itu, Bupati Langkat juga memberikan selamat dan apresiasi kepada personil Polres Langkat yang berprestasi dengan menyerahkan piagam penghargaan. Dilanjutkan,  Kapolres Langkat memberikan cendramata kepada para personil Polres Langkat yang memasuki Purnabakti, serta  pemberian nasi tumpeng kepada personil tertua dan termuda dijajaran Polres Langkat oleh Kapolres dan Ketua Bhayangkari Polres Langkat Ny Sisca Doddy Hermawan .

Kapolres Langkat dikesempatan itu, menyampaikan sambutan Kapolri Jendral H. M Tito Karnavian,  bahwa tiga tahun implementasi program PROMOTER telah menunjukan  hasil yang baik. Kepercayaan publik terhadap Polri terus meningkat. Pada tahun 2016 Polri termasuk dalam institusi dengan kepercayaan publik rendah. Namun saat ini  berdasarkan hasil survei oleh berbagai lembaga yang kredibel, Polri berada ditingkat 3 besar lembaga yang di percaya publik setelah KPK dan TNI.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih  atas dukungan dan apresiasi Presiden dan wakil Presiden RI, serta dukungan dari seluruh rakyat Indonesia,”pungkasnya.

Turut hadir unsur Forkopimda Langkat, ketua DPRD Langkat, Dandim 0203/Lkt, ketua PN dan PA Stabat, Kajari Langkat, kepala BNN Langkat, Kaden Sat Brimob Poldasu, Danyonif 8 Marinir Tangkalagan, Wadan  Yon Raider 100/PS, Wadan Yon Arhanud 11/BS, para komandan satuan TNI/Polri serta pejabat Pemkab Langkat dan jararannya, Kadis Kominfo Langkat H Syahmadi,  Ketua PWI Langkat Heri Putra Ginting, para tamu undangan lainnya.  (BP/L1)

Penulis:

Baca Juga