Prabowo Ketemu Jokowi, Bahas Menteri Gerindra?

Ketika naik MRT bersama Jokowi, Prabowo memuji moda transportasi terbaru Indonesia dan rasanya seperti di luar negeri.Foto: ist

Jakarta-BP : Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana, Jakarta sore ini. Ini pertama kalinya Jokowi dan Prabowo bertemu di Istana usai Pemilu.

Rencana pertemuan keduanya disampaikan oleh Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil mengatakan, Prabowo diundang oleh Jokowi.

"Pak Prabowo diundang Pak Jokowi," kata Dahnil kepada wartawan, Jumat (11/10/2019).

Namun, Dahnil enggan menjelaskan dalam rangka apa pertemuan itu digelar. Apakah pertemuan untuk membahas merapatnya Gerindra ke pemerintah atau yang lainnya.

Tak hanya Dahnil, pertemuan Jokowi dan Prabowo juga disampaikan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. Basarah mengatakan sebelum mengumumkan kabinetnya, Jokowi memang akan bertemu dengan ketum-ketum parpol.

"Saya kira sebelum Pak Jokowi akan mengumumkan kabinetnya setelah dilantik 20 besok beliau akan bertemu dengan ketum-ketum parpol baik parpol koalisi dan ketum di luar pendukung," kata Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Senada dengan Dahnil, Basarah juga mengaku tak tahu substansi pembicaraan apa yang akan dilakukan Jokowi dan Prabowo. Namun, dia mengatakan, kendati pun pembicaraan tersebut terkait merapatnya partai yang tadinya oposisi itu PDIP terbuka.

"Ya mengenai substansi pembicaraan dan kesepakatan dalam pertemuan itu saya kira tergantung keputusan politik Pak Jokowi. Karena kalau dalam bentuk kerja samanya adalah di kabinet maka wewenang prerogatif itu ada di tangan Jokowi," tuturnya.

Isu Gerindra masuk ke koalisi memang semakin santer terdengar. Apalagi, sejak Gerindra mulai terbuka soal pendekatan atau lobi-lobinya ke Istana.

Lobi-lobi itu mengenai konsep mengenai ketahanan pangan, ketahanan keamanan dan ketahanan energi yang ditawarkan ke Jokowi. Jika konsep diterima, peluang Gerindra mendapat kursi menteri pun terbuka, salah satunya kursi Menteri Pertanian (Mentan).

"Ya kalau diterima, ya, mungkin pos itu yang diberikan," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjawab kemungkinan partainya mendapat kursi Mentan dalam wawancara dengan wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Hanya saja, Dasco mengaku belum ada nama yang disiapkan sebagai calon menteri tersebut. Meski 3 nama yakni Edhy Prabowo, Sandiaga Uno dan Fadli Zon disampaikan Waketum Gerindra Arief Poyuono, sebagai nama yang diajukan partainya.

"Dan setelah bidang-bidang itu disetujui dari konsep yang mana baru nanti kita bicara orang," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

"Jadi nggak betul kalau kita kemudian kita sudah bicara langsung orang atau bidang-bidang karena sampai saat ini kita masih komunikasikan tentang konsep-konsep yang kami berikan kepada pemerintah," sambungnya.

Lantas, apakah pertemuan ini untuk membahas kursi menteri untuk Gerindra? Mengingat Jokowi akan segera mengumumkan kabinetnya usai dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang. (dtc)

Penulis: -

Baca Juga