PTPN III Kebun Aek Nabara Selatan, Berikan Izin Hak Pakai Mendirikan Bangunan Permanen Diareal HGU

Bilah Hulu-BP: Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN proyek pekerjaan pembuatan lapangan bola volly permanen dibangun diareal HGU Kebun PTPN III Aek Nabara Selatan, Desa N6, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

Temuan beberapa wartawan dilapangan ada dua titik proyek pembuatan lapangan bola volly secara permanaen yang letaknya berdampingan diatas lahan HGU (Hak Guna Usaha) kebun PTPN III, yang mana sumber dana dari pelaksanaan proyek tersebut adalah APBN yang disalurkan melalui program Dana Desa (DD).

Kepala Desa Viktor Siregar diketahui memang tercatat masih aktif bekerja di perusahaan perkebunan tersebut.Ketika dikonfirmasi harianbatakpos.com mengatakan bahwa izin untuk membangunkan lapangan Volly tersebut ada.

"Adanya izinnya itu pak,waktu itu sudah kita surati manager dan suratnya  juga disuruh ditembuskan ke Kantor Direksi di Medan dan camatpun ikut meneken dan pihak perkebunan,"ungkap Viktor.

Sebelumnya Asisten Personlia Kebun (APK) Ariza  ketika dikonfirmasi mengatakan,bahwa izin mendirikan lapangan bola volly tersebut ada. "Ada izinnya itu bang tapi memang hanya hak pakai,"ujarnya

Sementara Manager PTPN 3 Kebun Aek Nabara Selatan (KANAS) Hendri Halim,SP ketika dikonfirmasi melalui whatsApp menyebutkan,"Langsung tanya Kades ya".

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Pemerhati Pelaku Korupsi Kolusi dan Nepotisme (MPPK2N) Sumatera Utara Bincar Hutagalung ketika diminta tanggapannya terkait bangunan desa yang dibangunkan diareal HGU  Minggu (12/1/2020) di Rantauprapat mengatakan, mengingat sumber dana yang digunakan untuk pembangunan Lapangan bola volly  tersebut adalah dari APBN melalui program Dana Desa, seharusnya Dana Desa itu digunakan untuk hal yang menjadi tanggung jawab dan kewenangan desa serta yang menjadi aset desa, bukan menjadi aset pemilik HGU.

"Dalam hal ini pihak perusahaanlah yang seharusnya membangun infrastruktur di lahan HGU atau desa diperkebunan tersebut,' katanya. (BP/PN)

Penulis: -

Baca Juga