oleh

Tim Supervisi TP PKK Provsu Berikan Pembinaan 9 Kategori PKK Kepada 9 Desa Percontohan Langkat

Langkat-BP: Ketua TP PKK Langkat Ny Tiorita Terbit Rencana didampingi wakil ketua TP PKK Langkat Ny Endang Syah Afandin , menyambut kunjungan tim supervisi TP PKK Provsu ke Kabupaten Langkat, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Kamis (21/3)

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan pembinaan 10 program pokok PKK dengan 9 kategori, kepada sembilan Desa binaan percontohan, yang menjadi perwakilan PKK Kabupaten Langkat.

Rombongan tim supervisi TP PKK Provsu di pimpin oleh Sekretaris I TP PKK Provsu, Drs H Rukiyat didampingi Sekretaris Team TP PKK Provsu, H Chairin F Simanjutak Sos MM, beserta 11 pengurus PKK Provsu lainnya.

Drs H Rukiyat, pada sambutannya, menerangkan, pembinaan ini dilakukan, agar desa yang menjadi percontohan dapat memahami dan mampu melaksanakan maksud dari 9 kategori tersebut. Dengan begitu, diharapkan dapat menyatukan presepsi dalam idikator penilaian, yang menjadi kategori dalam tujuan perlombaan, oleh TP PKK Provsu.

“Maka dalam kesempatan ini, kami memberikan masukan dan bahan – bahan, yang akan masuk dalam rangkaian penilaian kategori tersebut. Penilain itu rencananya akan dilakukan pada akhir tahun ini,” sebutnya.

Adapun 9 kategori tersebut, terang Rukiyat, tertib administrasi, Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, pemanfaatan tanah pekarangan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Posyandu, Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (Iva Test), PKK KB Kesehatan dan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK.

Ny Tiorita, pada sambutannya, selain mengucapkan selamat datang, juga berharap tim supervesi memberikan kritik, saran, masukan serta perbaikan kepada 9 desa binaan yang ada di Langkat, agar kedepan dapat memenuhi ketentuan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

“Saya juga berharap agar para PKK tingkat Kecamatan maupun Desa yang menjadi percontohan, benar-benar mendengarkan arahan dan bimbingan dari tim supervisi, agar apa yang disampaikan dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik,”pungkasnya.

Sembari menerangkan Sembilan Desa yang ditentukan menjadi Desa binaan percontohan berdasarkan SK Bupati Langkat No 414.4.07/K/2019 tanggal 18 februari 2019, tentang penetapan Desa binaan sebagai desa percontohan TP PKK Langkat dalam rangka bulan bakti gotong royong masyarakat, dan hari kesatuan gerak PKK KB-Kes tahun 2019.

Sekdis PMD Kabupaten Langkat, Ir Muhammad Mirza, maminta kepada seluruh SKPD terkait, selaku dewan pembina, untuk menciptakan kordinasi dan kerjasama yang baik dalam pelaksanaan kegiatan ini nantinya.

“Karena keberhasilan dalam kegiatan ini, bukan hanya tanggung jawab TP PKK semata,”sebutnya.

Adapun sembilan desa binaan percontohan tersebut, papar Mirza, Kecamatan Pematang Jaya sebagai binaan Iva Test, Desa Setungkit Kec Wampu sebagai desa binaan Hatinya PKK, Desa Telagah Kec SEI Bingai Sebagai desa binaan UP2K PKK, Desa Jati Sari Kec Padang Tualang sebagai desa binaan Terbit Administrasi, Desa Pematang Serai Kec Tanjung Pura sebagai desa binaan PKK KB Kesehatan, Desa Puraka I Kec Sei Lepan sebagai desa binaan LBS, Desa Kuta PARIT Kec Selesai desa binaan Desa Posyandu, Desa Perdamaian Kec Binjai desa binaan PHBS serta Desa Teluk Meku Kec Babalan sebagai desa binaan PAAR.

Turut hadir Asisten II Ekbangsos Drs H Hermasyah MIP, ketua DWP Langkat Ny Indra Salahudin, SKPD terkait, para pengurus PKK tingkat Kabupaten serta Kecamatan dan Desa. (BP/L1)

Komentar

News Feed