Walikota Apresiasi HUT Ke-37 Bhayangkara

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (10/7).BP/erwan

Medan-BP: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri upacara peringatan HUT ke-73  Bhayangkara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (10/7). Gubsu Edy Rahmayadi bertindak sebagai inspektur upacara. Selain anggota Polri, upacara juga diikuti prajurit TNI, organisasi masyarakat dan pelajar. Dalam arahannya Gubsu menyampaikan pidato tertulis Presiden Repbulik Indonesia Joko Widodo.

Upacara yang mengusung tema, “Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara” berlangsung tertib dan penuh khidmat itu turut juga dihadiri  Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin, Kepala BNN Sumut Brigjen Pol Atrial serta unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan lainnya, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta roganisasi masyarakat.

Sebelum upacara dimulai, Gubsu melakukan inspeksi pasukan dengan menaiki mobil komando untuk melihat kesiapan seluruh peserta upacara. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta guna mengenang jasa para pahlawan.

Ada lima amanat Presiden  melalui pidato tertulisnya yang disampaikan Gubsu. Selain minta Polri untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Kemudian mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis kepada masyarakat.

Selain itu Presiden juga minta Polri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat. Lalu, Polri harus meningkatkan profesionlisme dan tranparansi dalam penegakan hukum serta memberikan rasa adil kepada masyarakat. “Sedangkan yang terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementrian/lembaga, pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial,” kata Gubsu.

Selesai upacara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng. Potomngan nasi tumpeng diserahkan kepada dua personel Polri yang berusia paling muda. Dalam kesempatan itu Kapolda Sumut juga mendapat hadiah spesial dari Pangdam I/BB  berupa foto yang menggambarkan kebersamaan antara Polri dan TNI.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang sejumlah kegiatan yang digelar guna memeriahkan HUT ke-73 Bhayangkara tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan atraksi bela diri yang dilakukan personel TNI dan Polri serta rangkaian hiburan menarik lainnya.

Usai upacara, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menyampaikan ucapan selamat atas HUT ke-73 Bhayangkara sekaligus  ucapan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan seluruh jajaran Polri untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terkhusus di Kota Medan.

Dengan hari jadi tersebut, Wali kota pun berharap agar Polri semakin jaya dan terus jadi pengayom serta memberikan perlindungan kepada masyarakat. Dengan demikian seluruh lapisan masyarakat merasa tenang, nyaman dan aman dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. “Semoga dengan teciptanya rasa aman ini, pembangunan dapat berjalan lancar, iklim usaha terus bergeliat dan  para investor akan semakin banyak yng berinvestasi,” harap Walikota. (BP/EI)

Penulis:

Baca Juga