Wow, 5.000 Pelari Ditargetkan Ikut Medan 10 K

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Khairul Syahnan saat rapat di Kantor Wali Kota Medan, Senin (12/8). BP/erwan

Medan-BP: Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan menggelar lomba lari marathon bertajuk Medan 10K 2019, Minggu (25/8). Selain memperebutkan Piala Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, event yang digelar rutin sejak lima tahun silam juga menyediakan hadiah total sebesar Rp.188 juta.

Hal ini terungkap dalam rapat yang dipimpin Walikota Medan diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Khairul Syahnan di Ruang Rapat II, Kantor Wali Kota Medan, Senin (12/8). Diharapkan, Medan 10K dapat berjalan sukses.

Guna mewujudkan hal itu, kata Syahnan, diperlukan koordinasi dan sinergitas antar OPD di lingkungan Pemko Medan sehingga event yang telah masuk dalam kalender resmi Dispora Kota Medan dapat berlangsung lebih baik dan meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Setiap OPD harus berkoordinasi dengan baik dan menjalankan semua tugas yang telah diberikan dengan serius dan penuh tanggung jawab. Jika kita saling mendukung, insya Allah, Medan 10K akan berjalan sukses dan lancar,” kata Syahnan.

Selain  itu sebelum H-1 Medan 10K digelar, jelas Syahnan, Satpol PP Kota Medan, Dishub Kota Medan dan Satlantas Polrestabes Medan diimbau untuk melakukan rapat akhir guna membahas kelancaran arus lalu lintas pada saat berlangsungnya Medan 10K.

Mantan Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan itu  kemudian mengungkapkan, Medan 10K akan dimulai  pukul 06.00 s.d 10.00 WIB, start akan dimulai dari Jalan Balai Kota (depan Merdeka Walk). Selain 10K, juga digelar 5K sehingga sejumlah ruas jalan akan ditutup selama perhelatan berlangsung.

Ada pun rute Medan 5K, jelas Syahnan, akan melalui  Jalan Balai Kota (start) , Jalan Putri Hijau, Jalan Guru Patimpus, Jalan Gatot Subroto, Jalan Kapten Maulana Lubis, Jalan Imam Bonjol, Jalan Palang Merah, Jalan Ahmad Yani dan berakhir di Jalan Balai Kota (finish).

Sedangkan rute Medan 10K akan dimulai dari Jalan Balai Kota (start), Jalan Putri Hijau, Jalan Guru Patimpus, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan Patimura, Jalan Mongonsidi, Jalan Juanda, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani, dan finish di Jalan Balai Kota.

Sementara itu Technical Delegate PASI Sumatera Utara  Drs Suharjo MPd menjelaskan, Medan 5K  untuk kategori pelajar SMP dan SMA serta warga Kota Medan, sedangkan Medan 10K untuk kategori umum.  Kemudian perhelatan juga akan dibagi lagi untuk kategori putra dan putri.

"Pendaftaran akan kami terima sampai (H-1) dan tidak dipungut biaya (gratis). Untuk bagi yang ingin mendaftar bisa langsung datang ke kantor Dispora Jalan Ibus Raya No. 129 B Petisah atau dapat menghubungi contact person ke 081370870534 (Andra), 085276148666 (Sawal) dan 085262942490 (Yaden). Kami berharap perhelatan ini akan diikuti lebih dari 5.000 peserta agar event ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya," pungkas Suharjo. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga