oleh

4.500 Warga Kurang Mampu Terima Zakat Pemko Medan

Medan-BP: Pemko Medan menyalurkan zakat kepada 4.500 warga kurang mampu yang tersebar di 6 kecamatan  di Kota Medan, Selasa (28/5). Penyaluran zakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan puasa, guna membantu meringankan beban warga kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan di bulan puasa sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Zakat yang dibagikan tersebut merupakan hasil zakat dari Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH beserta keluarga, Wakil Walikota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan. Direncanakan, seluruh zakat yang terkumpul itu akan disalurkan kepada warga kurang mampu di 21 kecamatan yang ada di Kota Medan.

Namun untuk penyaluran awal, zakat diserahkan kepada warga kurang mampu di 6 kecamatan yakni Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Labuhan, Medan Deli,  Medan Timur dan Medan Johor. Penyaluran zakat dilakukan langsung Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekda. Adapun zakat yang disalurkan tersebut dalam bentuk paket dimana masing-masing paket berisi beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng kemasan 1 liter serta uang tali asih.

Yang pertama kali menyalurkan zakat adalah Walikota. Penyalurannya dilakukan di Kantor Camat Medan Marelan Jalan Kapten Rahmad Buddin. Di tempat tersebut tercatat 1.000 warga kurang mampu mendapatkan paket zakat dari Pemko Medan. Tampak warga yang umumnya sudah berusia paro baya itu sangat suka cita ketika menerima paket zakat.

Sambil menerima paket zakat, mereka pun langsung mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota. Sebab, paket zakat sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan di bulan puasa yang menyisakan sekitar 8 hari lagi sekaligus menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Alhamdulillah, saya merasa sangat senang dengan menerima paket zakat dari Pemko Medan ini. Tentunya paket ini bisa kami gunakan untuk memenuhi kebutuhan di bulan puasa maupun menyambut Lebaran. Semoga pemberian paket zakat seperti ini rutin dilakukan jelang Hari Raya, sebab paket zakat ini snagat berarti sekali bagi kami yang kurang mampu ini,” ungkap salah seorang wanita paro baya dengan mata berkaca-kaca.

Usai menyerahkan paket zakat secara simbolis kepada sejumlah warga kurang mampu, Walikota mengungkapkan, penyaluran paket zakat yang dilakukan itu sebagai bentuk empati dan rasa  peduli jajaran Pemko Medan terhadap warga kurang mampu. Walikota pun berharap agar paket zakat yang disalurkan dapat memberikan manfaat bagi warga yang menerimanya.

“Paket zakat yang kita salurkan pagi ini  sebagai bentuk wujud rasa kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Penyalurannya kita lakukan setiap jelang Hari Raya sehingga warga yang menerima dapat merasakan manfaatnya,” kata Walikota.

Kemudian Wali Kota menjelaskan, penyaluran zakat dilakukan berdasarkan luas wilayah kecamatan dan jumlah warga kurang mampunya. Dengan demikian jumlah paket zakat yang diterima masing-masing kecamatan berbeda satu dengan lainnya.(BP/EI)

Komentar

News Feed