Aksi Kebersihan PD Pasar Medan Terus Bergulir, Cabang II Siap Jalankan Instruksi Plt Dirut PD Pasar Nasib S Sos

Aksi Kebersihan PD Pasar Medan Terus Bergulir, Cabang II Siap Jalankan Instruksi Plt Dirut PD Pasar Nasib S Sos

Medan-BP: Aksi kebersihan Jumat Bersih PD Pasar Kota Medan terus bergulir dan secara rutin setiap Minggu berlangsung  di seluruh pasar dalam naungan 3 cabang antara lain: Cabang I, II dan Cabang III. Aksi kebersihan Pasar atas instruksi  Plt Dirut PD Pasar Kota Medan Nasib S Sos mendapat respon yang besar dari pedagang maupun pegawai PD Pasar Kota Medan.

Hal itu terungkap saat aksi kebersihan Jumat bersih yang berlangsung di Pasar Helvetia dalam naungan Cabang II Pasar Kota Medan, Jumat (7/2/2020), Puluhan pedagang dan pegawai PD Pasar Kota Medan yang berada dalam naungan cabang II itu, bahu membahu bekerja mulai meningkatkan kebersihan, melakukan pengorekan parit agar air dapat berjalan lancar, penghijauan dan menanam pohon hingga melakukan penataan lokasi berjualan pedagang sehingga pasar Helvetia terlihat bersih, aman dan nyaman.

Melakukan pengorekan parit Pasar Helvetia. BP/erwan

Plt Dirut PD Pasar  Kota Medan diwakili Kepala Cabang II Jalil Muhammad SE ketika dihubungi di sela-sela aksi kebersihan Jumat bersih di Pasar Helvetia Medan itu, menyebutkan, kegiataan aksi kebersihan pasar khusus di wilayah Cabang II Kota Medan secara bergantian itu  sudah menjadi agenda rutinitas atas instruksi langsung dari Plt Dirut PD Pasar Kota Medan Nasib S Sos.

Aksi kebersihan pasar itu, jelas Jalil lagi, untuk menyikapi dan mendukung program Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi “Medan bersih dan Cantik”  yang gaungnya sudah menyebar di seluruh penjuru Kota Medan. Pasar sebagai salah satu penilaian yang sangat penting dibandingkan dengan fasilitas tempat umum lainnya. Artinya, tambah Jalil yang sebelumnya menjabat beberapa Kepala Pasar (Kapas) itu, jika pasar bersih konsumen akan ramai datang berbelanja dan membeli berbagai keperluannya  masing-masing.

Membersiihkan riol dan parit pasar. BP/erwan

Dengan ramainya pengunjung yang datang berbelanja, omzet pedagang semakin meningkat dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) semakin berkembang dengan dibelinya berbagai produksi yang dihasilkan. Di sisi lainnya, pedagang juga semakin lancar membayar kontribusi yang sudah menjadi kewajibannya kepada PD Pasar Kota Medan selaku perpanjangan tangan Pemko Medan.

“ PD Pasar Kota Medan dan khususnya Cabang II dan pedagang siap mendukung program Plt Walikota Medan Ayo bikin Medan bersih dan Cantik itu. Kita setiap Jumat melakukan bersih-bersih pasar di cabang II secara bergantian,” imbuh Jalil Muhammad yang sosok pekerja keras dan dekat dengan pedagang dan pegawai PD Pasar Medan itu.

Tidak saja melibatkan pedagang dan pegawai PD Pasar di Cabang II, Jalil juga mengajak penangungjawab jaga malam, kamar mandi dan parkir pasar Jonson MT Situmorang setiap kali dilaksanakan aksi kebersihan pasar dan Jumat bersih itu. “Kita sengaja melibatkan pihak terkait di pasar dengan tujuan ada rasa saling menjaga kebersihan secara bersama,” imbuhnya berterus terang dan jujur.

Parit dan riol terlihat bersih air berjalan lancar, BP/erwan

Untuk kegiatan aksi kebersihan pasar itu, tambahnya lagi, kita memaksimalkan pekerjaan agar tidak mengganggu transaksi jual beli pedagang dan konsumen. Jika pasar beroperasi pagi, aksi kebersihan dilakukan siang hari dan sebaliknya jika pasar ramai siang, kita lakukan aksi kebersihan pada pagi hari.

Setelah dilakukan aksi kebersihan Jumat bersih di Pasar Helvetia itu, terlihat kondisi pasar menjadi bersih, tertib, aman dan nyaman. Sedangkan sampah dan tanah korekan riol dikumpulkan dalam beberapa karung dan dibuang pada tempat yang telah dipersiapkan agar tidak mengganggu transaksi penjualan di pasar tersebut. Para peserta aksi kebersihan juga diberikan penganan makanan dan minuman ringan.

Turut hadir dalam kegiatan sosial aksi kebersihan di Pasar Helvetia yang tergabung dalam cabang II PD Pasar itu, Kepala Pasar Induk Sedia Ginting, Kapas Simalingkar Bananda Suandi, Kapas Kwala Bekala Prananta Ginting, Kapas  Padang Bulan Dohar Simatupang, Kapas Petisah Tahap II Nurabdi, Kapas Petisah Tahap I Basirudin Nasution, Kapas Meranti Syahwan Siregar, Kapas Sikambing Mahyudin Ginting, Kapas Lalang Muhammad Zaki, Kapas Helvetia Ibu Rulini Marbun dan  Kepala Pasar  Muara Takus Plt Jalil Muhammad SE menggantikan sementara Daniel Bustamam yang meninggal dunia baru-baru ini. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga