Aktor Bollywood Amitabh Bachchan Lunasi Utang 1.398 Petani

Kemiskinan yang mendera sejumlah petani di India mengundang keprihatinan Amitabh Bachchan. Dilansir dari BBC News, Selasa (20/11/2018), puluhan ribu petani di India diketahui terjerat utang dan memutuskan mengakhiri hidup mereka karena frustasi.

Setidaknya 300 ribu petani bunuh diri sejak 1995 silam karena terlilit utang. Selama beberapa dekade, industri pertanian di India dilanda masalah kekeringan yang membuat menipisnya permukaan air sehingga menyebabkan produktivitas menurun dan kurangnya modernisasi.

Kondisi ini lantas membuat hati Amitabh Bachchan tergerak. Bintang film Mohabbatein itu memutuskan melunasi utang yang menjerat sekitar 1.398 petani di Uttar Prdaesh, kota kelahirannya.

Aktor 76 tahun itu melunasi utang para petani yang dipinjam dari Bank of India milik pemerintah.

"Pihak bank telah mengeluarkan dokumen penyelesaian utang dan sertifikat sekaligus," cerita Amitabh Bachchan dalam blog pribadinya.

Seharusnya dokumen-dokumen itu bisa diserahkan langsung ke tangan para petani. Namun tidak mudah membawa seribu petani ke Mumbai, suami Jaya Bachchan itu pun menyewa gerbong kereta untuk mengangkut perwakilan dari mereka sekitar 70 orang untuk menerima surat-surat tersebut.

Para petani itu dijadwalkan akan tiba di Mumbai pada 26 November 2018 mendatang.

"Saya berharapp bisa memberikan (dokumen) penyelesaian ini, konfirmasi bahwa utang mereka telah lunas, perserorangan," lanjut Amitabh Bachchan.

Total utang yang diluanasi Amitabh Bachchan yakni sebesar 40 juta rupee atau sekita Rp 8,1 miliar.

Awal tahun 2018 ini, Amitabh Bachchan juga membayar utang 350 petani di negara bagian Maharashtra, Mumbai. Ribuan petani di negara bagian tersebut menggelar protes besar-besaran tahun lalu untuk menuntut keringanan pinjaman dan harga tanaman yang lebih baik.

(Kumparan) BP/JP

Penulis:

Baca Juga