Berburu Tikus Antisipasi Gagal Panen Dalam Rangka HUT Pemkab Tapsel

Sekdakab Tapsel Parulian Nasution saat membuka gerakan Berburu Hama Tikus, Selasa (19/11-2019). Foto : BP/AA

Tapsel-BP : Dalam rangka menyambut HUT Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) yang ke-69, tahun 2019, Dinas Pertanian Tapsel melakukan gerakan serentak Berburu Hama Tikus di Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muaratais, Selasa (19/11-2019).

Sekdakab Tapsel Parulian Nasution mewakili Bupati dalam sambutannya menyampaikan, swasembada pangan di Tapsel harus terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan khususnya di Angkola Area yakni Kecamatan Angkola Muaratais, Batang Angkola, Sayurmatinggi dan Tantom Angkola.

"Karenanya, melalui gerakan serentak berburu tikus yang menjadi upaya Dinas Pertanian dalam mengantisipasi gagal panen, diharapkan langkah ini bisa diterapkan di semua kecamatan untuk bahu membahu dan bergotongroyong dalam membasmi hama padi agar hasil panen melimpah dan petani untung," jelas Parulian.

Sekdakab juga sangat mendukung kerja keras petani dalam pembangunan sektor pertanian dengan perbaikan jaringan irigasi yang rusak secara rutin di daerah-daerah sentra produksi pertanian dan pemerintah pun siap mendukung apapun yang mampu meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani," tambahnya.

Kadis Pertanian Bismark Muaratua serahkan hadiah kepada pemenang berburu dan dooprize.Foto : BP/AA

Sebelumnya Kadis Pertanian Bismark Muaratua Siregar dalam laporannya menjelaskan gerakan serentak berburu tikus dilakukan sebagai langkah mengantisipasi terjadinya gagal panen di daerah setempat dan gerakan itu sendiri dilakukan dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang ke-69.

"Adapun lahan sawah yang menjadi tempat untuk berburu tikus ada sekitar 1.500 Ha. Sedangkan yang ikut berburu tikus ada 220 orang terdiri dari Kelompok Tani yaitu Koptan Desa Sorimanaon, Desa Aek Gunung, Desa Muara Purba Nauli dan Desa Aek Nauli, pimpinan BPP, PHP dan PPL dari Kecamatan Batang Angkola, Angkola Muaratais, dan Kecamatan Sayurmatinggi," terang Bismark.

Ditambahkan Bismark bahwa lebih dari 500 ekor tikus berhasil dibasmi dari gropiyokan dengan cara membersihkan lahan dengan menggunakan cangkul dan alat pemukul serta menaruh racun tikus (rodentisida).

"Perburuan ini dilaksanakan juga dalam rangka persiapan musim tanam padi 2019-2020 di Kecamatan tersebut. Semoga produktivitas petani sawah daerah ini semakin meningkat," terang Bismark.

Usai kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang berburu tikus. Adapun juara I Desa Sorimanaon, juara II Desa Aek gunung, juara III Desa Muara Purba Nauli dan harapan I Desa Aek Nauli. Dan hadiahnya langsung diserahkan oleh Sekdakab serta Kadis Pertanian Tapsel yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan doorprize kepada para pemenang doorprize.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Angkola Muaratais AM Fadhil Harahap, para pejabat Dinas Pertanian, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, para Kades terkait dan seluruh Koptan Angkola Area. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga