DPRD Medan Harapkan Disdukcapil Tingkatkan Pelayanan

Rudiyanto.

Medan-BP: Komisi I DPRD Kota Medan terus mensupport Pemerintah Kota Medan dalam hal ini ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk lebih meningkatkan pelayanan publik, khususnya dalam hal administrasi kependudukan (Adminduk).

Penegasan itu disampaikan Rudiyanto (Foto) kepada wartawan, Rabu (22/1/2020) menjawan pertanyaan tentang layanan pengurusan dan pelayanan publik, khususnya dalam hal administrasi kependudukan (Adminduk).

Memang, kata Ketua Fraksi PKS in yamh mengaku terus berkoordinasi dengan Disdukcapil itu, secara kuantitas penerbitan Adminduk di tahun 2019 sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya setiap hari sebanyak 2.740 dokumen kependudukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Kartu Identitas Anak (KIA) dan surat keterangan pindah datang-masuk.

Diakuinya, masih adanya oknum aparat, baik itu di tingkat Kepala Lingkungan, Kelurahan dan Kecamatan yang mencari keuntungan dalam proses pelayanan Adminduk. “Persoalan kualitas pelayanan, Pemko Medan masih perlu terus berbenah,” katanya.

Dari satu sisi, sambung Rudiyanto, pihaknya mengapresiasi kesungguhan Pemko Medan untuk terus meningkatkan kepuasan masyarakat dalam hal pelayanan Adminduk. “Tapi, disisi lain Pemko Medan juga perlu memberikan perhatian terhadap adanya oknum-oknum yang mencoba mencari keuntungan dalam proses ini,” imbaunya.

Jadi, tambah Rudiyanto, pelayanan publik dalam persoalan penerbitan Adminduk bisa dilihat secara menyeluruh. “Banyaknya dokumen kependudukan yang diterbitkan atau dicetak harus sebanding dengan kualitas pelayanan pejabat kepada masyarakat,” ungkapnya. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga