Dukung Program Medan Bersih dan Cantik, Cabang II PD Pasar Kembali Gelar Aksi Kebersihan di Pasar Sei Sikambing

Kepala Cabang II Jalil Muhammad, SE foto bersama dengan para peserta aksi kebersihan. BP/erwan

Medan-BP: Untuk mendukung Medan Bersih dan Cantik sesuai program Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melalui instruksi dari Plt Dirut PD Pasar Kota Medan Nasib S Sos, PD Pasar Medan melalui Cabang II kembali melakukan aksi Jumat bersih gotong royong (gotroy) yang dipusatkan di Pasar Sei Sikambing Medan, Jumat (21/2/2020) Siang sekitar pukul 14:00 WIB.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih pasar itu, Kepala Cabang (Kacab) II Jalil Muhammad, SE memberikan  pengarahan berikut sasaran dan target kebersihan yang akan dilaksanakan di Pasar Sei Sikambing tersebut.

Bahu membahu saat Aksi kebersihan pasar Sei Sikambing. BP/erwan

Hadir pada saat itu dan mendengarkan pengarahan sebelum aksi kebersihan itu,  Kepala Pasar Induk Sedia Ginting, Kapas Simalingkar Bananda Suandi, Kapas Kwala Bekala Prananta Ginting, Kapas  Padang Bulan Dohar Simatupang, Kapas Petisah Tahap II Nurabdi, Kapas Petisah Tahap I Basirudin Nasution, Kapas Meranti Syahwan Siregar, Kapas Sikambing Mahyudin Ginting, Kapas Lalang Muhammad Zaki, Kapas Helvetia Ibu Rulini Marbun dan staf serta Kepala Urusan (Kaur) serta beberapa pedagang dan pengamat jaga malam pasar Sei Sikambing.

Seusai pengarahan itu, puluhan peserta aksi kebersihan pasar yang telah membawa dan membersiapkan peralatan kebersihan, selanjutnya  melakukan pekerjaan mulai membersihkan dan mengorek saluran parit yang berada di dalam pasar dan mengangkati kotoran lumpur sehingga saluran air dapat berjalan dengan lancar.

Mengumpulkan sampah seusai aksi kebersihan. BP/erwan

Tidak itu saja, agar bekas pengorekan tidak berbau, peserta gotroy itu juga membersihkan dengan cara menyemprotkan air dengan menggunakan selang panjang sehingga tidak terlihat sedikitpun kotoran yang tertinggal. Peserta lainnya, juga terlihat membersihkan dan mengangkati sampah serta menyapu dengan peralatan yang telah dipersiapkan.

Saat aksi kebersihan itu berjalan, antara sesama pegawai PD Pasar khususnya yang tergabung dalam cabang II  dan beberapa pedagang terlihat akrab dan saling bahu membahu bekerja tanpa kenal lelah.

Tidak itu saja, sambil bekerja para peserta aksi kebersihan juga menyantap penganan dan minuman ringan yang telah dipersiapkan sehingga suasana keakraban dan kekeluargaan itu terlihat sangat kental dan jelas.

Membersihkan saluran air setelah dibersihkan. BP/erwan

Setelah aksi kebersihan pasar itu, terlihat suasana pasar Sei Sikambing semakin bersih dan nyaman. Sementara beberapa konsumen yang datang berbelanja membeli berbagai keperluannya merasa nyaman dan betah saat berada  di pasar tersebut.

Kepala Cabang II Jalil Muhammad SE ketika dihubungi di sela-sela aksi kebersihan Jumat bersih di Pasar Sei Sikambing  Medan itu,  menyebutkan, kegiataan aksi kebersihan pasar khusus di wilayah Cabang II Kota Medan secara bergantian itu  sudah menjadi agenda rutinitas atas instruksi langsung dari Plt Dirut PD Pasar Kota Medan Nasib S Sos.

Aksi kebersihan pasar itu, jelas Jalil lagi, untuk menyikapi dan mendukung program Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi “Medan bersih dan Cantik”  yang terus disosialisasikan. Pasar sebagai salah satu penilaian lebih dibandingkan dengan fasilitas tempat umum lainnya.

Artinya, tambah Jalil lagi,  jika pasar bersih konsumen akan ramai datang berbelanja sehingga omzet pedagang semakin meningkat  serta pedagang semakin lancar membayar kotribusi berbagai  kewajibannya kepada PD Pasar  selaku perpanjangan tangan Pemko Medan.

Untuk kegiatan aksi kebersihan pasar itu, tambahnya lagi, kita memaksimalkan pekerjaan agar tidak mengganggu transaksi jual beli pedagang dan konsumen. Jika pasar beroperasi pagi, aksi kebersihan dilakukan siang hari dan sebaliknya jika pasar ramai siang, kita lakukan aksi kebersihan pada pagi hari, imbuh Jalil.(BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga