Fadli Zon Minta Pemindahan Ibu Kota Dikaji

Waketum Gerindra Fadli Zon.Foto: ist

Jakarta-BP : Waketum Gerindra Fadli Zon sependapat dengan Ketumnya Prabowo Subianto mengenai rencana pemindahan ibu kota oleh pemerintah. Fadli meminta adanya kajian lebih mendalam memindahkan ibu kota dari DKI Jakarta.

"Saya pikir perlu ada kajian yang mendalam soal itu, terutama mengenai waktunya, urgensinya pada saat ini. Kalau gagasannya tidak ada yang menolak, gitu," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Fadli lalu membandingkan dengan pemindahan Ibu Kota Malaysia. Menurutnya, jika ibu kota dipindah ke lokasi yang lebih dekat, sangat memungkinkan dari sumber daya dan infrastrukturnya.

"Karena seperti di Malaysia itu pemindahan ibu kota bagus ya, sehingga ada pusat pemerintahan, ada pusat bisnis seperti di Putra Jaya. Jadi yang saya sampaikan adalah waktunya, urgensinya, anggarannya, infrastrukturnya gitu," ujar Fadli.

Fadli mengusulkan lokasi ibu kota yang baru tidak jauh dari Jakarta. Dalam hal ini Jonggol yang berada di Kabupaten Bogor ataupun Kertajati.

"Kalau misalnya ke wilayah yang dekat seperti di Jonggol atau mungkin di Kertajati gitu ya itu sangat memungkinkan secara kalkulasi dan SDM, sumber daya, dan infrastruktur sebagainya," imbuhnya.

Saat ditanya soal ide pemerataan pembangunan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat akan memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan, Fadli menyebut itu bukan ide Jokowi melainkan ide dari presiden pertama RI Sukarno.

"Ya itu kan bukan ide Pak Jokowi, itu kan ide Bung Karno. Jadi kalau kita sudah cukup banyak uang dan kita sudah cukup ini, ya nggak ada masalah. Kalau perlu pusat-pusat itu dipisah-pisahkan sehingga sentral pertumbuhan barunya banyak gitu," tuturnya.

Prabowo sebelumnya menyebut rencana pemindahan ibu kota negara merupakan perjuangan partainya sejak 2014. Namun pemindahan tersebut perlu penelitian yang baik.

"Pemindahan ibu kota sudah perjuangan Gerindra lama, dari 2014 sudah berjuang pemindahan ibu kota. Tapi tentu pindah ibu kota perlu penelitan yang baik, tempat di mana bisa diterima semua pihak, dan biaya juga tidak ringan," kata Prabowo seusai upacara peringatan HUT RI di kantor DPP Gerindra, Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8). (dtc)

Penulis: -

Baca Juga