Harga Meroket, Masker Langka di medan

Salah satu Apotik di Jalan Iskandar Muda Medan yang mengalami kekosongan masker sejak sebulan lalu. Foto/Pandi

Medan-BP: Masker jadi buruan saat wabah Virus Corona Wuhan, COVID-19 kian menyebar ke sejumlah negara. Penjualannya di apotik-apotik meningkat drastis, imbasnya stok masker jadi langka, dan harga masker ikut terkatrol naik.

Permintaan yang tinggi membuat harga-harga masker di pengecer dan distributor menjadi naik. Hal itu membuat stok masker di sejumlah Apotik di Medan ludes terjual, bahkan ada beberapa Apotik tidak mampu menjualnya dikarenakan harga yang mencapai ratusan ribu 1 Box.

Seperti pantauan harianbatakpos.com, Senin (17/2/2020) di Apotik Iskandar Muda Medan, persedian masker sudah mulai langka sejak sebulan terakhir.

"Stok masker sudah tidak ada lagi sejak satu bulan yang lalu," kata karyawati yang tak mau disebutkan namanya itu.

Katanya, saat adanya wabah virus corona penjualan masker naik drastis. Bahkan harga masker 1 Box Rp300.000 , dimana harga sebelumnya, Rp35.000.

"Banyak konsumen yang nyariin (masker-red) tapi stok kita lagi kosong. Sebelumnya kita sudah pernah pesan, namun harganya naik tinggi dari sebelumnya Rp 35.000 sekarang jadi Rp300.000. Mana mau kita pesan, pelanggan maulah nanti marah," ucapnya dengan nada kesal.

Sebelumnya kata dia, ada beberapa orang yang menawarkan masker ke Apotik itu, namun justru menolaknya dikarenakan harga yang ditawarkan terlalu tinggi.

"Sering datang ke sini (apotik-red) yang mau menjual masker, namun kami menolaknya. Masa 25 pcs harganya Rp100.000. Mana mau kami," ujarnya kepada harianbatakpos.com.

Hal serupa juga terjadi di Apotik Istana di kawasan Medan Baru. Stok masker di apotik tersebut sudah langka. "Masker di apotik ini sudah lama kosong, seandainya ada harganya pasti mahal mencapai 1 pcs Rp 5 ribu," ujar ning (26) apoteker di Apotik Istana.

"Stok kosong sejak tiga pekan lalu. Warga banyak yang membeli dalam jumlah banyak setelah wabah virus corona merebak. Tapi memang di Apotik manapun pasti kosong seandainyapun ada pasti mahal," terangnya.

Adapun sejumlah Apotik di kota Medan mengalami kekosongan stok masker seperti ditelusuri media ini, antara lain:

- Apotik Iskandar Muda, stok masker sudah habis sejak sebulan lalu.

-  Apotik Istana, Medan Baru, stok masker sudah habis sejak sebulan lalu.

- Apotik Kalimas, Medan Sunggal, stok masker  masih ada, namun harga 1 pcs Rp4.000 sebelumnya, Rp1.000.

- Apotik Penang Island, Medan Sunggal, stok masker masih ada, namun harga 1 pcs Rp 4.400 sebelumnya, Rp 1.000.

- Apotik Gamma, harga 1 pcs masker Rp5.000

- Guardian Gagak Hitam, 1 pcs Rp1.700, namun stok masker telah habis.

- Apotik Simpang Selayang, harga 1 pcs Rp5.000 sebelumnya, Rp1.000.

- Indomaret Abdul Lubis, Gatot Subroto, William Iskandar, Setia Budi stok masker telah habis.(BP/Pandi)

Penulis: -

Baca Juga