Harun Masiku Resmi Jadi Buronan

Harun Masiku. (istimewa)

Jakarta-BP: Eks Calon Legislatif (Caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku resmi menjadi buronan setelah namanya resmi terdaftar dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait kasus dugaan suap Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR RI.

Harun yang juga tersangka dalam perkara tersebut dijadikan buronan lantaran sampai saat ini belum menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ditjen Imigrasi, pun menyebut Harun berada di Singapura.

"Sudah, sudah (DPO). Belum lama, saya tidak tahu persis tapi sudah, yang pasti sudah (DPO)," kata Ketua KPK Firli Bahuri usai Silaturahmi Pimpinan dan Dewas KPK bersama awak media di Gedung Merah Putih KPK, Senin (20/1/2020).

KPK sendiri sudah melayangkan surat permohonan pencarian Harun Masiku kepada Polri. Karena itu, KPK dan Korps Bhayangkara akan bekerjasama dalam memburu Harun. Selain itu, Firli mengimbau masyarakat yang mengetahui keberadaan Harun Masiku untuk melaporkannya ke KPK.

"Kita sudah menerbitkan perintah penangkapan dan surat permintaan bantuan pada Polri dalam rangka mencari dan menangkap tersangka tersebut. Sudah kami layangkan dan sampai hari ini kami masih terus berusaha, bekerja keras untuk melakukan penangkapan. Tolong kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan tersangka," papar Firli.

Harun telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR oleh KPK. Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya.

Ketiganya yakni Wahyu Setiawan, Mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina serta pihak swasta, Saeful.

Wahyu Setiawan dan Agustiani ditetapkan sebagai pihak penerima suap. Sedangkan Harun dan Saeful merupakan pihak yang memberikan suap. (okz)

Penulis: -

Baca Juga