oleh

Kapolres Instruksikan PETI Dihentikan

Tobasa-BP: Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoly intruksikan jajarannya hentikan secara keseluruhan kegiatan Pertambangan Tanpa Izin (PETI) di Kawasan Desa Dolok Jior Kecamatan Sigumpar Ambar Dusun I Kabupaten Tobasa.

“Saya sudah perintahkan agar tidak ada penambangan tanpa izin khususnya di wilayah kerja Polres Tobasa,” tegas Kapolres pada harianbatakpos.com, Senin (6/8/2018).

Kapolres menyebutkan hal itu, terkait persoalan pengrusakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Lapo Kovine sekitar Komplek Lapangan Sepakbola Sisingamangaraja Balige serta maraknya aktivitas PETI di Desa Dolok Jior Dusun I Ambar Kecamatan Sigumpar.

Untuk itu, jelas Kapolres lagi, dia sudah memerintahkan anggota turun ke lapangan dan Tim segera melakukan penyelidikan sehingga tidak ada lagi penambangan ilegal,” pungkas Kapolres menyakinkan.

Ferry KP Siregar Ketua DPK LSM Strategi Tobasa Ferry Siregar sebelumnya menyebutkan, LSM yang dipimpinnya itu tetap sebagai sosial kontrol dan mengkritisi pengrusakan lingkungan hidup dan kehutanan di daerah itu.
Sehubungan dengan persoalan itum LSM Strategi Kab.Tobasa bersama kru Media ini, juga langsung turun ke lokasi pengrusakan lingkungan dan kehutanan tersebut.

Informasi yang dihimpun kegiatan pertambangan tanpa izin (PETI) ini sudah berjalan cukup lama, namun sepertinya oknum pelaku penambangan dan oknum penyidik di Tobasa selalu “kucing kucingan”.

Seperti kegiatan di Desa Dolok Jior, Kepolisian Resor Tobasa juga tidak menemukan adanya aktifitas penambangan saat mengunjungi lokasi, sementara sebelum disampaikan ke Polres puluhan Dump Truck keluar masuk untuk mengisi muatan galian tanah timbun yang diduga kuat untuk diperjual belikan. (BP/JP)

 

Komentar

News Feed