Konsumsi Suplemen dalam Waktu Lama Bikin Gagal Ginjal?

mengonsumsi suplemen vitamin C dalam waktu lama bisa menyebabkan masalah ginjal

Medan-BP: Saat ini, masih banyak orang yang menganggap mengonsumsi suplemen vitamin C dalam waktu lama bisa menyebabkan masalah ginjal. Tak ayal banyak dari mereka 'main aman' dengan mengonsumsi suplemen hanya saat badan mulai drop atau jatuh sakit.

Akan tetapi, benarkah memang faktanya demikian?

Dijelaskan Dr. Matthew Lantz Blaylock, BS, Ph.D, MP NLP, ACMC, ahli nutrisi nasional dan pengajar dari Universitas Ciputra, bahwa suplemen vitamin C tidak memberi efek buruk pada organ ginjal, apakah itu gagal ginjal atau batu ginjal.

Sebab, selagi seseorang punya pola makan yang sudah bagus, mengonsumsi suplemen vitamin C dalam waktu lama tidak membawa masalah kesehatan pada organ.

"Bayangkan, Anda punya pola makan bagus. Setiap makan ada protein-karbohidrat-lemak, ada sayur-buahnya, kemudian minum susu juga. Lanjut dia minum suplemen, yang ada membuat orang makin sehat. Daya tahan tubuhnya jadi makin bagus," jelasnya dalam acara yang bertema peluncuran produk terbaru Reckitt Benckisser, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017)

Mengapa bisa terjadi, itu karena suplemen melengkapi vitamin mineral yang dibutuhkan tubuh. Seperti yang Anda sudah ketahui, untuk tubuh tercukupi akan vitamin dan mineral, disarankan seseorang mengonsumsi 5 jenis sayur dan buah.

"Tapi jarang orang yang bisa memenuhi itu, dan karenanya dibutuhkan suplemen," terangnya.

Untuk membuat daya tahan makin lebih bagus, Anda juga bisa mengonsumsi banyak air setiap harinya. Menurut Matthew, jika disarankan seseorang harus mengonsumsi hari 8 gelas atau dua liter setiap hari, minumlah 3 liter dan sebelum jam 4 kalau bisa.

Sebabnya, Anda tinggal didaerah tropis yang membuat seseorang mudah sekali berkeringat. Sementara efek dehidrasi kalau tak ditangani, bisa membuat orang jadi lemas, kurang fokus dan lebih gampang kena flu. Atau dalam kata lain daya tahan tubuh juga 'kena'.

"Alasan penting kita perlu minum banyak air, karena tubuh kita 70 persen berisi air. Jadi, bila tubuh kekurangan air maka akan memengaruhi daya tahan tubuh," pungkasnya.

Sumber: fitnessformen.co.id

Penulis:

Baca Juga