Massa Ampera Bentrok Dengan Massa HMI

Tapsel-BP : Massa Aliansi Mahasiswa Pemuda Pejuang Rakyat (Ampera) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) bentrok dengan massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tapanuli Selatan-Padangsidimpuan di Halaman Kantor Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Senin (16/9-2019).

Peristiwa tersebut terjadi diduga karena adanya aksi tandingan yang dilakukan oleh HMI, dimana keberadaan massa HMI melakukan aksi untuk menbela Parulian Nasution yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kahmi Tabagsel.

Pantauan media ini, awalnya, massa Ampera melakukan aksi demo ke Kantor Bupati Tapsel pada hari Senin (16/9-2019) pada sekitar pukul 11.00 Wib adalah untuk aksi yang ketiga kalinya terkait dengan Pernyataan Sikap yang meminta agar Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu mengevaluasi dan mengganti Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs Parulian Nasution MM karena diduga tidak wajar dalam mempergunakan anggaran APBD Tapsel TA 2018.

Namun aksi yang dilakukan Ampera diduga ditandingi aksi massa HMI yang mendukung dan meminta agar Sekdakab Parulian yang juga Ketua Kahmi Tabagsel tidak di fitnah oleh massa Ampera.

Mendapat perlawanan massa HMI, massa Ampera terus melakukan orasi dan meminta agar Sekdakab di copot.

Massa Ampera terus melakukan orasi dengan menyebut 'Mahasiswa jangan jadi penghianat' karena yang kami tuntut adalah pejabat Tapsel, teriak mereka.

Sedangkan massa HMI meneriakkan yel-yel jangan fitnah Sekdakab Tapsel 'Kami tetap mendukung Seksakab Tapsel' teriak mereka pula.

Massa kedua belah pihak yang terlihat mulai terprovokasi kalimat yang berlawanan mulai memanas, namun personil Satpol PP Tapsel  dan Polres Tapsel dengan sigap berhasil menghalangi kedua massa bentrok.

Namun beberapa menit, tidak diketahui siapa yang memulai kedua massa mulai kembali adu mulut dan sejurus kemudian bentrok fisik terjadi, saling pukul dan lempar botol minuman mineral dan kejar-kejaran kedua massa. Beruntung personil Polres Tapsel berinsiatif melepaskan tembakan ke udara sehingga kedua massa mahasiswa tersebut terkendalikan.

Setelah keributan reda, terlihat beberapa orang mahasiswa dari kedua belah pihak mengalami luka lebam dan pingsan.

Dan kondisi terkini, Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel sudah terlihat aman dan kondusif dalam oengamanan personil Satpol PP dan personil Polres Tapsel. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga