Orang tertua di dunia Afrika Selatan ingin berhenti merokok

Fredie Blom mengatakan tidak ada rahasia khusus untuk umur panjangnya

Fredie Blom adalah orang tertua yang masih hidup, meskipun hal ini belum diverifikasi oleh Guinness World of Records. Dia berumur 114 tahun pada 8 Mei. Fredie menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai buruh di sebuah peternakan dan di industri konstruksi, Apartheid Afrika Selatan.

Fredie dapat berhenti minum beberapa tahun lalu, tetapi ia masih merupakan perokok biasa. Fredia ingin sekali berhenti merokok tapi sangat sulit untuk mewujudkannya. "Setiap hari saya masih merokok dua sampai tiga bungkus, saya menggunakan tembakau saya sendiri. dorongan untuk merokok begitu kuat. Kadang-kadang aku berkata pada diriku sendiri aku akan berhenti tapi aku hanya berbohong pada diriku sendiri. Aku menyalahkan iblis untuk itu karena dia begitu kuat," katanya dengan seringai nakal.

Fredie merupakan lelaki yang jangkung dan tegap, dia berjalan tanpa bantuan, dan dia sama sekali tidak memiliki penyakit. Dia mempunyai kumis dan janggut yang kumal dan tidak terawat.

Fredie tidak memiliki rahasia khusus untuk umur panjangnya. "Hanya ada satu hal yaitu adalah manusia di atas [Tuhan]. Dia memiliki semua kekuatan. Saya tidak memiliki apa-apa. Saya dapat jatuh setiap saat tetapi Dia memegang saya," katanya.

"Saya merasa sangat sehat, saya baik. Hati saya kuat tetapi hanya kaki saya yang menyerah, saya tidak bisa berjalan seperti dulu," katanya, berbicara dalam bahasa afrikaans dengan suara keras dan jelas.

Sumber: BBC News

Penulis:

Baca Juga