oleh

Palestina Diprediksi Jadi Lawan Terberat Indonesia di Grup A

JAKARTA-BP: Meski belum bertanding, tim nasional sepak bola U-23 Palestina disebut-sebut sebagai skuat terkuat di Grup A Asian Games 2018.

Salah satu yang menyatakan hal itu adalah mantan pemain timnas Indonesia Ponaryo Astaman.

“Pesaing terberat Indonesia di Grup A kemungkinan adalah Palestina. Mereka yang terkuat di grup itu,” ujar Ponaryo di Jakarta, Kamis (9/8).

Pendapat seperti itu bukan tanpa alasan. Timnas U-23 Palestina merupakan satu-satunya tim yang berlaga di Piala U-23 Asia AFC 2018. Di turnamen tersebut mereka melaju sampai ke perempat final sebelum ditaklukkan Qatar.

Selain itu, beberapa pemain timnas U-23 Palestina juga berlaga di liga Eropa seperti gelandang Mohamed Darwis yang bermain di klub Jerman Arminia Hannover dan Michel Termanini yang berlaga untuk klub Swedia, AFC Eskilstuna.

Di level Asian Games, timnas U-23 Palestina termasuk tim berpengalaman dengan selalu tampil sejak edisi 2002, Asian Games pertama dengan aturan U-23 untuk sepak bola putra, hingga 2014 dengan torehan terbaik melaju ke babak perdelapan final di Asian Games 2014.

Namun, keunggulan itu hanyalah pernyataan di atas kertas jika tanpa pembuktian. Dan laga kontra Taiwan menjadi langkah pertama Palestina menegaskan statusnya sebagai tim terbaik di Grup A.

Peluang Palestina untuk menang pun bisa dikatakan cukup besar. Sebab, skuat timnas U-23 Taiwan yang dibawa ke Asian Games 2018 bisa dikatakan kurang “diperhitungkan” jika berlaga di level internasional.

Taiwan gagal lolos ke Piala U-23 Asia AFC 2018 setelah tidak pernah menang di babak kualifikasi. Satu lagi, walau pernah meraih medali emas di cabang olahraga sepak bola Asian Games pada tahun 1954 dan 1958, taiwan tercatat belum pernah tampil dengan timnas U-23 di Asian Games.

Kala peraturan U-23 diterapkan mulai Asian Games 2002, Taiwan absen di cabang olahraga sepak bola putra sampai Asian Games 2014. Artinya, Asian Games 2018 menjadi debut pertama timnas U-23 mereka di Pesta Olahraga Asia tersebut.

Minimnya pengalaman anak-anak asuh pelatih Peng Wu Song itu bisa menjadi titik lemah. Apalagi, mereka tidak membawa pemain yang merumput di Liga Inggris bersama tim Crystal Palace, William Donkin.

Demi meminimalkan kekurangan itu, Peng Wu Song membawa tiga pemain senior yakni penjaga gawang Wen Chieh Pan serta dua bek Ruei Wang dan Ting Yang Chen.

Akan tetapi, pelatih timnas U-23 Palestina Ayman Sandaouq juga memanggil tiga pemain senior. Tidak tanggung-tanggung, mereka memanggil bek sekaligus kapten timnas senior Abdallatif Albahdari, termasuk gelandang Sameh Maraaba dan kiper Rami Hamada.

Dengan kondisi tersebut, timnas U-23 Palestina sepertinya meraup tiga angka pertamanya di Asian Games 2018 di laga kontra Taiwan yang digelar hari ini, Jumat (10/8), di Stadion Patriot Candrabhagam Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 19.00 WIB.

Sumber: Antara (ES)

Komentar

News Feed