Pasca Aksi Gotroy Kebersihan dan Pengecetan, Pasar Petisah Medan Terlihat Semakin “Kinclong”

Kepala Cabang II PD Pasar Medan Jalil Muhammad SE foto bersama. BP/erwan

Medan-BP: Pasar Petisah yang berlokasi di Jalan Razak Baru Kecamatan Medan Petisah, terlihat semakin bersih dan "kinclong" (cerah-red)) pasca aksi  kebersihan, pengecetan dan gotong royong (gotroy) yang dilakukan PD Pasar Medan melalui Cabang II yang dipimpin langsung Kepala Cabang II Jalil Muhammad, SE.

Aksi kebersihan di pasar Petisah yang berlokasi di jantung Kota Medan dan sebagai Kantor Pusat PD Pasar yang membawahi 52 Pasar di Kota Medan itu, Jumat (28/2/2020) pagi, sudah menjadi program rutin Jumat Bersih sesuai instruksi Plt Dirut PD Pasar Medan H Nasib S Sos menindaklanjuti program Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi "Ayo buat Medan bersih dan Cantik" yang saat ini cukup viral di masyarakat khususnya bagi warga Kota ini.

Melakukan pengecetan tangga jalan.

Tidaklah mengherankan, keberadaan Pasar Petisah sebagai pasar percontohan dapat mewakili pasar lainnya di Kota Medan sehingga bisa   bersaing dengan swalayan, supermarket  dan departemen store. Apalagi di Pasar Petisah Medan ini, terkenal serba ada mulai  sandang, pangan hingga manisan dan tempat membeli oleh-oleh makanan hasil produk UMKM binaan Dekranasda Kota Medan dengan harga terjangkau sesuai kocek di kantong.

Melakukan pengecetan tembok dan tiang.

Sebelum memulai aksi kebersihan dan pengecetan pasar itu, dimulai pukul 08:00 Wib pagi. Para  peserta gotong royong yang terdiri dari Kepala Pasar dalam naungan Cabang II, Kaur, staf dan para PHL, terlihat berkumpul untuk sarapan bersama.

Setelah itu, para peserta yang telah menyiapkan perlengkapan kebersihan seperti sapu dan lainnya, mulai bekerja membersihkan sampah serta mengumpulkan dan membuangnya pada tempat yang telah dipersiapkan. Para peserta lainnya, juga merapikan dan menggunting sejumlah pohon sehingga terlihat rapi.

Aksi kebersihan itu, dilanjutkan dengan pengecetan tembok, trotoar, dinding, tangga pasar Petisah Tahap I dengan peralatan yang telah dipersiapkan. Sedangkan peserta lainnya dengan penuh semangat dan rasa kekeluargaan juga mencabuti sebagian rumput dan pohon yang berada di sela-sela bangunan Pasar Petisah.

Mencabuti rumput.

Berbagai pengerjaan dan aksi kebersihan yang dilakukan itu, dibawah kendali Kepala Cabang II PD Pasar Kota Medan Jalil Muhammad SE yang sebelumnya memberikan arahan kepada anggotanya sebagaimana target pekerjaan Jumat bersih yang dilakukan.

Kepala Cabang II PD Pasar Medan Jalil Muhammad SE yang dihubungi di sela-sela aksi Jumat Bersih itu menyebutkan, aksi Jumat bersih dan gotong royong itu program rutinitas yang dilakukan bergantian di Pasar-pasar dalam naungan Cabang II. "Untuk Jumat Bersih ini, di pusatkan di Pasar Petisah dan telah dilakukan sebelumnya di pasar Padang Bulan, Pasar Timah dan  beberapa pasar lainnya," kata Jalil.

Aksi Jumat bersih ini, tambahnya lagi, sebagaimana kegiatan rutinitas atas instruksi Plt Dirut PD Pasar Kota Medan H Nasib S Sos untuk mendukung program Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bikin Medan bersih dan cantik.

"Kita khususnya Cabang II telah siap mendukung program itu dan secara kontinyu melakukan aksi kebersihan dan menyesuaikan waktunya kalau pasar ramai siang, kita lakukan gotong royong pagi seperti Pasar Petisah ini dan sebaliknya, kalau pasar ramai pagi, kita lakukan siang hari," tambahnya menyakinkan.

Kompak saat arapan bersama sebelum melakukan aksi gotong royong.

Sementara Khairul Tanjung pedagang Petisah Lantai I Medan, ketika dimintai tanggapannya terkait aksi Jumat Bersih dan gotong royong itu, sangat senang dan mengaku dengan bersih dan tertatanya pasar Petisah ini membuat pengunjung semakin ramai dan omzet penjualannya semakin meningkat.

"Kami mengucapkan terimakasih dengan PD Pasar Kota Medan terutama setelah adanya penggantian Dirut yang baru terus melakukan pembenahan di pasar-pasar khususnya Pasar Petisah ini," kata Tanjung  yang diamini pedagang lainnya. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga