Pelatihan Pembuatan Conblock Sukses, IKM Binaan Dinas Perindustrian Medan Siap Songsong Era Digitalisasi

Plt Kadis Perindustrian Medan Parlindungan Nasution, S Sos, MAP/erwan

Medan-BP: Usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan Dinas Perindustrian Kota Medan siap bersaing dalam  menyongsong era digitalisasi untuk pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat Kota Medan.

Plt Kadis Perindustrian Kota Medan Parlindungan Nasution S Sos, MAP mengatakan hal itu pada harianbatakpos.com seusai acara Program Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Pelatihan Pembuatan Conblock yang digelar Dinas Perindustrian Kota Medan di Lantai II Dinas itu Jalan AH Nasution, Jumat (25/10/2019).

Kadis Perdagangan didampingi Kabid Industri Dasar dan Aneka (IDA) Ayub Shoufi, SH menjelaskan, kegiatan yang berlangsung 14 sampai 25 Oktober 2019 itu melibatkan 30 orang peserta yang berasal dari tiga Kecamatan.  Masing-masing Kecamatan Medan Perjuangan, Medan Denai dan Medan Amplas dengan membawa 10 orang peserta.

"Pelatihan terhadap para pelaku usaha IKM Kota Medan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan skill masyarakat sehingga dapat semakin berkembang di era digitalisasi ini," jelas Parlindungan yang diamini oleh Kabid IDA Ayub dan Dian Dewi Karmila selaku Kasi Industri Bahan Kimia dan Bahan Bangunan Dinas Perindustrian Kota Medan.

Foto bersama saat penutupan pelatihan pembuatan conblock.BP/erwan

Plt Kadis Parlindungan yang saat ini juga dipercaya Plt  Walikota Medan Ir Akhyar Nasution menjabat Sekretaris Dinas Perindustrian Kota Medan menyebutkan, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui ketrampilan skill yang nantinya berdampak pada perekonomian masyarakat dan mengurangi jumlah pengangguran.

Ketrampilan dan peningkatan skill itu, sesuai dengan perkembangan era digitalisasi lewat aplikasi para pelaku IKM dalam memasarkan  produk unggulan yang diciptakan sehingga cepat sampai berkembang ke masyarakat.

Produk industri Kota Medan lainnya yang dihasilkan, imbuh Parlindungan lagi, seperti produk ketrampilan dengan bahan dasar sabut kelapa, pembuatan sepatu dari bahan kulit, pelatihan membordir serta membuat aneka jenis kue.

Untuk itu, Dinas Perindustrian Kota Medan secara berkesinambungan terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap pelaku usaha IKM Kota Medan dan mendatangkan nara sumber dari luar sehingga cepat berkembang pesat.

Plt Kadis Perdagangan didampingi Kabid Industri Dasar dan Aneka (IDA) Ayub Shoufi, SH serta Kasi Industri Bahan Kmia Dian Dewi Karmila dan Kabid M Amin saat acara penyerahan sertifikat pelatihan kepada pesertaBP/erwan

Menambah Wawasan

Dedy salah seorang peserta pelatihan ketika dimintai tanggapannya pada acara penutupan pelatihan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian Kota Medan itu, merasakan manfaatnya dan menambah wawasan dalam pengembangan usaha kerajinan industri pembuatan conblock  yang digelutinya tersebut.

"Dari hari pertama sampai akhir acara semua peserta terlihat antusias mengikuti dari mendapat masukan dari sumber apalagi panitia pelaksana dari Dinas Perdindustrian Kota Medan Medan terlihat serius dan bersungguh-sungguh dalam memajukan pelaku IKM di Kota Medan ini," kata Dedy senang.

Acara penutupan pelatihan pembuatan conblock berlangsung sukses dan diakhiri dengan acara foto bersama dan silaturahmi serta makan bersama secara kekeluargaan. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga