Pembukaan MTQN Tingkat Kecamatan Angkola Muaratais Ditandai Dengan Pemukulan Bedug

Bupati H Syahrul M Pasaribu SH saat membuka MTQN tingkat Kecamatan Muaratais yang ditandai pemukulan bedug di lapangan Sepakbola Sarasi II Kelurahan Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais, Senin (10/2-2020).

Tapsel-BP : Pembukaan MTQN ke-2 Tahun 2020 Tingkat Kecamatan Angkola Muaratais berlangsung meriah dan pembukaan tersebut secara langsung dilakukan oleh Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH di lapangan Sepakbola Sarasi II Kelurahan Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais, Senin (10/2-2020).

Pembukaan tersebut diawali dengan Pawai Ta'aruf yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, perangkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

Pantauan media ini di lapangan, iringan Pawai Ta'aruf cukup panjang dan berlangsung meriah. Start dimulai dari halaman Bagas Godang H Baharuddin Harahap Desa Janji Mauli Muaratais dan Finish di Lapangan Sarasi II Kelurahan Bintuju dengan panjang rute pawai 1,7 Km.

Bupati Tapsel dalam sambutannya mengajak kepada seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat di Kecamatan Angkola Muaratais untuk tetap menjaga dan meningkatkan rasa kebersamaan serta rasa persatuan dan kesatuan.

"Persatuan dan kesatuan serta kebersamaan merupakan modal dasar untuk pergerakan pembangunan pada semua tingkatan baik di wilayah maupun di daerah. Tak terkecuali Kecamatan Angkola Muaratais, sekalipun Kecamatan terbaru di Kabupaten Tapsel kiranya tetap turut memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan yang telah terpelihara dengan baik selama ini," ungkapnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Tapsel yang diwakili anggota DPRD Dolly Putra Parlindungan Pasaribu mengatakan saya memberikan apresiasi yang tinggi baik kepada panitia penyelenggara maupun jajaran Pemerintah Kecamatan Angkola Muaratais atas terselenggaranya acara ini yang juga bertekad akan melanjutkan seluruh program-program keagamaan seperti halnya MTQN ini.

"Tapanuli Selatan adalah bagian dari Serambi Mekkahnya Provinsi Sumatera Utara, oleh karenanya kegiatan-kegiatan keagamaan harus terus dilaksanakan secara bersama-sama. Melalui kebersamaan dan ukhuwah yang terbina selama ini kiranya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Lanjut Dolly bahwa selama ini, Pemkab Tapsel di bawah kepemimpinan H Syahrul M Pasaribu SH dan Ir H Aswin Efendi Siregar MM telah banyak memberi perhatian yang tinggi terhadap program keagamaan, kemasyarakatan maupun pembangunan infrastruktur, imbuhnya.

Sedangkan Ketua Panitia yang juga Ketua LPTQ Kecamatan Azhari Sitompul dalam laporannya mengatakan bahwa acara ini terselenggara berkat kerjasama seluruh pihak, karenanya saya mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi pada acara MTQN ini.

"Acara ini bertujuan menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an serta merupakan tahapan seleksi di tingkat Kecamatan Angkola Muaratais yang nantinya akan diikutsertakan sebagai peserta kafilah Kecamatan pada MTQN tingkat Tapsel mendatang," ujarnya.

Dijelaskan juga bahwa adapun cabang-cabang yang diperlombakan pada MTQN ini terdiri dari cabang Mujawwad putra putri dewasa, remaja dan anak-anak dan cabang Syahril Qur'an dan cabang Tartil Qur'an yang diikuti 90 orang peserta, sedangkan MTQN ini berlangsung selama 2 hari dimulai pada hari ini tanggal 10 s/d 11 Februari 2020, paparnya.

Usai prosesi pembukaan yang ditandai dengan pemukulan bedug, dilanjutkan dengan serah terima lahan pertapakan Kantor Kelurahan Bintuju dari pemiliknya Mariadi Pane kepada Pemkab Tapsel yang diserahkan kepada Bupati Tapsel didampingi Camat Angkola Muaratais, Danramil 11/BA, Kapolsek Batang Angkola, Kepala KUA Kecamatan dan undangan lainnya. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga