Pemko Medan Kembangkan Program One Innovation One Agency

Wakil Walikota H Akhyar Nasution saat kegiatan Fasilitasi Inovasi Administrasi Negara dan Pelayanan Publik di Balai Kota Medan, Rabu (4/9)BP/erwan

Medan-BP:  Pemko Medan melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Orta) Setdako Medan menggelar kegiatan Fasilitasi Inovasi Administrasi Negara dan Pelayanan Publik di Balai Kota Medan, Rabu (4/9). Kegiatan ini digelar untuk menumbuh kembangkan program one agency one innovation (satu unit kerja satu inovasi) di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan se-Kota Medan.

Selain itu kegiatan ini merupakan tindaklanjut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) RI Nomor 30 tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik dan Permen PAN-RB Nomor 5 tahun 2019 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Daerah.

Kegiatan dibuka Walikota Medan  Dzulmi Eldin diwakili Wakil Walikota H Akhyar Nasution. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan setiap penyelenggara pemerintahan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik lewat inovasi yang dimiliki salah satunya lewat program one agency one innovation. Dengan harapan pelaksanaan reformasi birokrasi dapat berjalan efektif, terukur dan terarah.

Wakil Walikota mengatakan, inovasi dan kreasi menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan seiring perkembangan zaman termasuk dalam mendukung percepatan dan efisiensi bekerja. Oleh karenanya, Wakil Wali Kota berharap kepada seluruh aparatur pemerintahan agar dapat semakin memahami sekaligus mengoptimalkan diri dan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu program yang inovatif dalam 5rangka mendukung roda pemerintahan Kota Medan bergerak maju dan berkembang.

‘’Kreasi dan inovasi menjadi sebuah tuntutan di era modern saat ini. Apalagi bagi kita pelayan publik yang diharapkan mampu menghadirkan dan memberikan pelayan terbaik dan optimal bagi masyarakat. Untuk ini, kesempatan ini menjadi momentum baik bagi kita untuk dapat menggali dan mengasah diri serta kemampuan untuk dapat menghasilkan berbagai program inovatif dalam mendukung jalannya roda pemerintahan dan reformasi birokrasi yang lebih baik lagi di masa mendatang,’’ katanya,

Oleh karenanya, dihadapan para peserta yang berasal dari OPD di lingkungan Pemko Medan dan unsur kecamatan, Wakil Wali Kota berpesan kiranya para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut. Terlebih, nantinya para peserta akan mendapatkan materi serta berdiskusi dengan para narasumber yang dihadirkan yakni Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PAN-RB Noviana Andrina serta Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Sri Hartini.

‘’Kami berharap kesempatan baik ini dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membuka pikiran dan menambah wawasan serta menimbulkan ide-ide brilian untuk menciptakan program yang inovatif di lingkungan kerja masing-masing. Jik hal tersebut dapat dilakukan, tentu menjadi sebuah kontribusi baik bagi roda pemerintah Kota Medan dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat sekaligus menunjukkan dedikasi kita sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat,’’ bilangnya. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga