Pemko Padangsidimpuan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana

Walikota Irsan Efendi Nasution SH saat bertindak sebagai Pembina Apel Siaga Bencana di halaman Kantor Walikota Padangsidimpuan. Kamis ( 9/1/2020 ).

Padangsidimpuan-BP : Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuam melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan beserta TNI. Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan yang akan digunakan ketika bencana datang.

Apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana (Siaga Bencana) bertempat di halaman Kantor Walikota Padangsidimpuan. Kamis (9/1/2020).

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH yang bertindak sebagai Pembina Apel dalam arahannya mengatakan bahwa Apel Gabungan Siaga Bencana ini dilaksanakan karena saat ini cuaca tak menentu (extrem).

"Untuk antisipasi, diperlukan suatu gerakan aksi bersama guna meningkatkan kapasitas dari Pemerintah, TNI, Polri, Organisasi, Masyarakat, Lembaga Media, Keluarga dan Individu agar mampu menemukenali ancaman dan siaga dalam situasi darurat bencana secara cepat dan tepat," ungkapnya.

Dikatakan Wako juga bahwa sebagai daerah yang rawan, semua unsur baik itu TNI, Polri, BPBD, SAR dan elemen masyarakat lainnya mesti lebih waspada menghadapi potensi bencana. Peralatan dan personel harus siap membantu masyarakat terutama saat evakuasi maupun penyelamatan korban.

"Apalagi dalam tanggap bencana tersebut bukan hanya tanggungjawab Pemerintah, TNI, Polri dan instansi terkait, akan tetapi merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggungjawab kita bersama," terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wawako Ir H Arwin Siregar, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK, MH, mewakili Dandim 0212/TS mewakili Danyon 123/RW, mewakili Komandan Brimob Detasemen C, Sekdako H Letnan Dalimunthe, para Asisten, Staf Ahli Walikota dan pimpinan OPD. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga