Pengerjaan Normalisasi Terganjal Batas, Plt Kadis PU Kota Medan “Lobi” Kadis Perkim Pemkab Deliserdang

Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah berbincang serius dengan Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution,Msi saat meninjau langsung pengerjaan normalisasi drainase di Kawasan Jalan Letda Sujono Medan. BP/erwan

Medan-BP: Pengerjaan normalisasi drainase yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan di Jalan Letda Sujono sekitarnya, Senin (2/12/2019) pagi, terganjal batas wilayah kerja Kabupaten Deliserdang. Sementara Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah melobi Kadis Perkim Pemkab Deliserdang terkait kerjasama pengerjaan tersebut.

Hal itu terungkap saat Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution, MSI didampingi Plt Kadis PU Medan Zulfansyah memonitor langsung kegiatan normalisasi drainase di Jalan Letda Sujono Kecamatan Medan Tembung. Hadir di situ puluhan pekerja dan tim dari Dinas PU Kota Medan  dari Kecamatan, Kelurahan serta masyarakat dan Kepala Lingkungan (Kepling).

Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah ketika dihubungi menyebutkan, masalah drainase di sekitar Kawasan Jalan Letda Sujono sekitarnya akibat lumpur yang kebersihannya tidak dilakukan secara total sehingga timbul genangan dan air tidak mengalir sampai ke lokasi pembuangan air itu.

Seperti di Kawasan sekitar Komplek TVRI, terangnya lagi, permasalahannya ada kawasan beberapa meter saluran parit di wilayah kerja Deliserdang. Artinya, jika pengerjaan di situ tidak dituntaskan, saluran air dari wilayah kerja kita menjadi nyangkut dan air tidak dapat mengalir dengan lancar.

Masalah sederhana ini, bilang Zulfansyah lagi, akan kita selesaikan dengan Pemkab Delierdang nanti. Kita akan koordinasi kepada mereka. Kita yang kerjakan atau mereka. Kalau mereka megerjakan sukur Alhamdulillah, karena wilayah mereka, tetapi kalau tidak mau kita juga sudah siap mengerjakannya.

“Kita sudah siap dan punya anggota yang siap tempur bekerja untuk mengatasi problem   itu karena miliki alat dan anggaran. Begitupun tadi kita sudah berkordinasi dengan Kadis Perkim Pemko Deliserdang yang menangani banjir untuk bekerjasama mengatasinya dalam waktu dekat ini,” ungkapnya sembari menambahkan selama ini koordinasi tidak terbuka saja dengan mereka,

Salah satu drainse seusai pengoreja terlihat bersih dan air mengalir lancar.BP/erwan

Kalau sudah ada koordinasi untuk pengerjaan normalisasi dengan Pemkab Deliserdang ini, lanjutnya lagi, aliran drainase dari dua titik satu arah ke arah Titi Sewa dan satunya lagi  di Komplek TVRI, Insya Allah bisa ditangani dan drainase di Kawasan Letda Sujono sekitarnya akan aman dan bebas genangan air saat hujan turun karena secara langsung akan mengalir secara lancar ke arah  Sungai Denai.

Pada saat pengerjaan normalisasi tadi, imbuhnya, Plt Walikota Medan sempat berdialog dengan masyarakat dan ada salah satu bangunan ruko titinya dibongkar dan dipasang pipa piber. Dengan pengerjaan itu, jika turun hujan parit sudah bisa menampung hujan dan air tidak tumpah ke jalan lagi menimbulkan genangan.

Ditambahkannya, pengerjaan normalissasi drainase akan dilakukan juga dalam waktu dekat di seputaran Kawasan Sei. Sikambing Medan untuk mengantisipasi air kiriman yang datang dari arah hulu . Kita akan bekerjasama dengan pihak BWS dan SDA dan terkait lainnya.

Mendukung

Pada saat pengerjaan normalisasi drainase di Kawasan Jalan Letda Sujono sekitarnya itu, terlihat mengapresiasi dan mendukung  kinerja Dinas PU Kota Medan. “ Dengan adanya normalisasi ini kalau selama ini kawasan ini tergenang air jika hujan turun, kini tidak lagi karena parit sudah dikorek dan air sudah berjalan lancar,” kata Atik salah seorang warga pemilik Kedai Sampah di Jalan Letda Sujono.

Setelah selesai pengerjaan itu, terlihat juga petugas PU Kota Medan mengangkati tumpukan lumpur dari  beberapa titik agar air tidak masuk ke dalam parit di seputaran kawasan Letda Sujono tersebut. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga