oleh

Peringati Hari Lahir Pancasila Pemko P. Sidimpuan #Pancasila Sebagai Dasar dan Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan-BP: Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan peringati Hari Lahir Pancasila ke-74 tahun 2019 dengan menggelar upacara bendera bertempat di halaman Kantor Walikota Jalan Sudirman, Sabtu (1/6/2019).

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dan sebagai Perwira Upacara Kapten Inf Deddy Wahyudi serta Komandan Upacara (Dan Up) Lettu Inf Salahuddin Hasibuan, sementara Pembaca UUD Tahun 1945 Lettu Inf Edi Sahputra Ritonga dengan  peserta upacara terdiri dari barisan ASN, TNI, POLRI, Ormas/OKP dan Pelajar serta Pramuka.

Pidato tertulis Presiden RI yang dibacakan Walikota Padangsidimpuan menyampaikan bahwa Pancasila selama 74 sudah menjadi rumah kita, Pancasila sebagai pemersatu dalam keanekaragaman. Pancasila sudah terbukti mampu mempertahankan RI selama 74 tahun. Walau kita majemuk dengan berbagai suku, agama dan ras, kita bisa disatukan Pancasila dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

“Tebukti selama 74 tahun bisa mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini dengan segala macam cobaan dan ancaman dari mana-mana tapi kita tetap bersatu,” tegasnya.

Irsan juga mengajak masyarakat di momentum bulan suci Ramadhan ini untuk memperkuat etos kerja dalam kebersamaan dan kepedulian.

“Mari mengamalkan Pancasila dalam keseharian. Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Di penghujung sambutannya, dia mengatakan saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, pungkasnya.

Turut hadir dalam peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut Wawako Ir H Arwin Siregar, Pj Sekdako H Letnan Dalimunthe, para Asisten, Staf Ahli Wako, Ketua DPRD Hj Taty Ariyani Tambunan, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto SIP, mewakili Kapolres Kabag Ops Polres P. Sidimpuan Kompol Aswat Tarigan, Dan Yonif 123/RW Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP, Kaden C Brimobdasu AKBP Bravo Sena, Kajari Padangsidempuan, Dan Ramil 02/Kota Kapten Inf Takbir serta lainnya.(BP/SP1)

Komentar

News Feed