Plt Walikota Jadi Pembina Upacara Di SMPN 39 Medan

Plt Walikota Ir Akhyar Nasution ketika menjadi pembina upacara di SMP Negeri 39 Medan, Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Senin (20/1)BP/erwan

Medan-BP: Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan petingnya menanamkan  nilai-nilai kebangsaan dalam diri khususnya bagi para siswa. Dengan begitu, akan tumbuh rasa bangga, cinta, peduli serta berkeinginan untuk berkontribusi besar dalam mendorong dan mendukung kemajuan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Plt Walikota ketika menjadi pembina upacara di SMP Negeri 39 Medan, Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Senin (20/1). Selain menjadi pembina upacara, Plt Wali Kota juga sekaligus menyerahkan satu set tempat sampah kepada pihak sekolah yang diterima Kepala sekolah SMPN 39 Medan Ester Simanjuntak.

"Anak-anak ku semuanya, kecintaan pada tanah air harus dipupuk dan ditanamkan sejak dini. Hal sederahana yang bisa dilakukan dengan menyanyika lagu Indonesia Raya dengan penuh semangat dan ikhlas. Sebab, lagu Indonesia Raya itu didapat lewat pengorbanan dan tumpah darah dari para pahlawan bangsa yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Maka resapilah setiap makna yang terkandung di dalamnya," kata Plt Wali Kota.

Sehubungan dengan pemberian tempat sampah berkat kerja sama dengan PT Coca Cola, Plt Wali Kota mengatakan tujuannya untuk mengajarkan dan mengedukasi lingkungan sekolah khususnya para murid agar menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sebab, kebersihan menjadi tanggung jawab diri sendiri.

"Bapak ibu guru memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan anak didik kita peduli kebersihan lingkungan. Ajarkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada mereka. Untuk para siswa, tempat sampah yang diberikan bukanlah pajangan ataupun aksesoris sekolah. Gunakan tempat sampah ini sesuai fungsinya. Biasakan diri buang sampah pada tempatnya," tegasnya.

Terakhir, Plt Wali Kota berpesan agar para siswa senantiasa bersemangat dalam belajar sebagai modal untuk menggapai cita-cita yang gemilang. "Raih dan wujudkan cita-cita kalian. Di pundak kalian lah kelak masa depan bangsa ini dititipkan. Isilah diri dengan etika, sopan santun dan akhlak mulia . Jadilah generasi  berprestasi yang membanggakan," pesannya.

Usai upacara, Plt Wali Kota kemudian beranjak meninjau bangunan sekolah yang sedang dalam proses renovasi.  Selanjutnya, Plt Wali Kota juga menanam bibit pohon mangga di halaman sekolah sebagai bagian pelestarian lingkungan. Di samping itu juga mengecek kantin sekolah untuk melihat kelayakan makanan yang dijual. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga