Plt Walikota: Medan Bebas Banjir 2020 Dapat Segera Terealisasi

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi foto bersama, Minggu (22/12).BP/erwan

Medan-BP: Pemko Medan bersama Pemprov Sumut bekerjasama menyiapkan perahu untuk menyusuri sungai ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Medan bebas banjir tahun 2022 dapat segera terealisasi tentunya dengan kerjasama dari seluruh stakeholder yang terlibat.

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyusuri Sungai Deli, Minggu (22/12).

Sebelum menyusuri Sungai Deli ini, tim Medan bebas banjir mengadakan deklarasi Medan bebas banjir 2022 di Lapangan Merdeka. Setelah itu, Kepala BPBD Kota Medan bersama Gubsu langsung menuju Kantor Kelurahan Beringin untuk mengecek kondisi sungai tersebut.

Penyusuran ini dilakukan guna mengetahui kondisi Sungai Deli sekaligus mencari solusi dari permasalahan yang ada selama ini. Start arung Sungai Deli dimulai dari Kantor Kelurahan Beringin Jalan Sari rejo Gang Sareman Kecamatan Medan selayang dan finish di Taman Beringin Jalan Sudirman tepatnya di Depan Rumah Dinas Gubernur Sumut.

Penyusuran sungai ini dilajukan untuk melihat kondisi Sungai Deli tersebut. Kemudian Kepala BPBD Kota Medan bersama Gubsu menaiki perahu untuk mengarungi sungai bersama. Bersama BPBD Kota Medan dan Sumut mengarungi Sungai Deli selama kurang lebih 2 jam, selanjutnya Kepala BPBD Kota Medan bersama Gubernur Sumut pun tiba di Taman Beringin.

Usai mengarungi sungai, Kepala BPBD Kota Medan menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan penyusuran sungai ini. Ia mengatakan kegiatan penyusuran sungai ini merupakan kerjasama antara Pemko Medan dengan Pemprov Sumut beserta tim banjir Medan yang telah dibentuk beberapa waktu lalu untuk menwujudkan Medan bebas banjir tahun 2022.

Sementara itu, Gubernur Sumut mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara menjaga alam ini salah satu yang harus di jaga adalah sungai. Sebab, sungai merupakan sumber kehidupan manusia. Atas dasar itulah, Gubsu ingin menata Sungai Deli sebagaimana fungsinya yang semestinya.

"Marilah kita jaga sungai kita ini dengan tidak lagi membuang sampah ke dalam sungai. Bersama kita wujudkan Medan bebas banjir tahun 2022. Pemprov Sumut bersama Pemko Medan beserta Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II akan menata sungai-sungai yang ada di Sumatera Utara dan saat ini sedang fokus kepada sungai-sungai yang ada di seluruh Kota Medan," jelas Edy.(BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga