Saat Memantau Harga Kebutuhan Pokok, Plt Walikota Kecewa Melihat Kondisi Pasar Sei Sikambing

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat meninjau Pasar Sei Sikambing. BP/erwan

Medan-BP: Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi agak sedikit kecewa melihat kondisi Pasar Sei Sikambing. Sedangkan di Pasar Marelan Medan , pedagang mengeluhkan tidak mendapatkan kios seperti pedagang lainnya untuk berjualan dan menggelarkan dagangannya.
Plt Walikota itu melihat kondisi itu saat meninjau sejumlah pasar sekaligus memantau ketersediaan bahan pangan pokok dan mengecek harga dalam menyambut perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Hadir di situ, Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Kota Medan Damikrot, Plt Kadis Perindustrian Kota Medan Parlindungan Nasution, Dirut PD Pasar, Plt Kadis PU Zulfansyah, PD Rumah Potong Hewan, Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan, Kabag Perekonomian Nasib , Kabag Humas Arrahman Pane, Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar dan Camat Medan Marelan Muhammad Yunus.

Pada kesempatan itu, Akhyar, juga meminta kepada PD Pasar agar lebih memperhatikan kondisi pasar apalagi terkait ventilasi udara yang minim sehingga membuat kurang nyamannya masyarakat yang hendak berbelanja dikarenakan saat berada di dalam sedikit pengap.

"Pasar kita juga harus cantik harus dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat beramai-ramai datang berbelanja karna nyaman berada di pasar ini. Disamping itu juga fenomena online sedang meranjak naik maka dari itu harus punya kreasi baru sehingga dapat mengundang para konsumen untuk datang," tegasnya.

Dijelaskannya, Supplay bahan pangan masih tersedia, harga juga relatif stabil hanya satu atau dua bahan pokok saja yang mengalami kenaikan harga dan itu masih dalam batas wajar. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan dan jadilah pembeli yang cerdas.
Kemudian Akhyar juga berkomunikasi kepada para pedagang terkait masalah kebersihan dan kelancaran para pedagang dalam melakukan kegiatan jual beli. Akhyar langsung menyahuti keluhan pedagang terkait sepinya konsumen yang datang.
Selanjutnya, Plt Walikota beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Pasar Marelan. Saat tiba di Pasar Marelan, mendengarkan keluhan dari para pedagang yang tidak mendapatkan kios seperti pedagang lainnya.

"Terkait kios akan kami cek kembali, para pedagang yang telah terdaftar tidak usah khawatir sebab pedagang yang telah terdaftar pasti sudah memiliki kiosnnya sendiri. saya juga minta kerja samanya agar para pedagang mau berjualan di lantai atas sehingga tidak lagi ada pedagang yang berjualan di badan jalan," imbuhnya.
Hasil peninjauan yang dilakukan, harga dari bahan pokok masih relatif stabil diantaranya harga cabe merah bekisar Rp 36.000/kg, cabe rawit Rp 28.000/kg, tempe Rp 5000/papan, ayam Rp 33.000 - Rp 34.000, daging sapi Rp 110.000, dan minyak curah Rp 12.000. Selain itu telur eropa sebelumnya berkisar Rp 1.300/butir menjadi Rp 1.500/butir.(BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga