oleh

Sekda : 24 Tim Safari Siap Kunjungi 46 Masjid

Langkat-BP: Bupati Langkat Terbit Rencana PA buka puasa bersama sekaligus bersilaturahim dengan ulama, Umaro dan Komponen Masyarakat, serta memberangkatkan tim safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Langkat 1440 H, di Serambi Jentra Malay, Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Selasa (14/5/2019) malam.

Bupati Langkat pada sambutannya, pada ramadhan ke sembilan mengingatkan kembali, bahwa Langkat adalah milik kita bersama, Langkat adalah harga diri kita, untuk itu mari kita hidup dalam semangat saling mencintai , memberi kebaikan dan saling menutupi kelemahan, untuk memajukan negri bertuah.

“Khusus kepada kami, jika ada kerja yang baik jangan di puji, sebab merupakan kewajiban kami melayani masyarakat, sementara terhadap kerja yang belum memuaskan, agar kami diberi masukan saran dan nasehat,”pintahnya.

Selanjutnya Bupati mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada  tim safari Ramadhan Pemkab Langkat, dirinya berharap tim safari berlandaskan niat ibadah dan  bersilaturahmi untuk menjenguk masyarakat, dalam menjalankan tugasnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada kepala PT Bank Sumut Cabang Langkat,  atas perhatiannya kepada masjid yang menjadi lokasi sasaran tim safari ramadhan, juga kepada pimpinan Baznas Langkat, atas program kegiatannya berupa sembako bagi Kadam Masjid dan kaum Dhuafa, sebagai pelaksana amanah atas infak ASN Pemkab Langkat.

“Semoga semuanya dapat  berjalan lancar seperti yang diharapkan,”ujarnya.

Ketua DPRD Langkat Surialam, dikesempatan yang sama,  menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, dirinya pun berharap,  silaturahmi  dan komunikasi yang terjalin baik antara ulama dan umaro serta komponen yang ada di Langkat ini, semakin menjadikan Langkat sebagai kabupaten yang aman, damai dan kondusif.

“Tentunya  hal ini sebagai modal penting dalam sinergitas pelaksanaan pembangunan,”pungkasnya.

Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin, pada laporan panitianya, menyampaikan agenda safari Ramadhan, pertama pemberian cendramata kain sarung kepada sejumlah alim ulama  dan tokoh masayarakat  kecamatan dan kabupaten. Pemberian cendramata dan kain sarung dan tali asih kepada 46 orang penceramah yang tergabung dalam tim safari.

Kemudian Sekda memaparkan bantuan yang sedang dalam proses, yaitu pemberian bantuan kaum dhuafa (abang beca) berupa uang untuk 5.276 orang, dengan total bantuan sebesar Rp263.800.000, kemudian  santunan kepada 4.522 orang penggali kubur dengan total bantuan sebesar Rp1.130.500.000,  bantuan kepada 5 panti asuhan  di Langkat sebesar Rp 50.000.000.

“Kesemuanya itu masih dalam proses administrasi, paling lambat 5 hari sebelum lebaran, sudah tersalurkan,”sebutnya.

Sambung Sekda, adapun bantuan dari PT Bank Sumut berupa 50 lusin sirup untuk masjid lokasi safari dan satu madrasah. Sedangkan bantuan Baznas Langkat  sebanyak 6000 paket sembako dengan 1.250 paket, diantaranya disalurkan melalui camat khusus bagi duafa di masjid lokasi safari ramdahan.

“sedangkan bantuan bilal mayit untuk tahun ini, baru dapat disalurkan setelah P APBD 2019, karena adanya pembaharuan data bagi proses kelengkapan administrasi. Selain itu bantuan untuk masjid lokasi kunjungan tim safari, juga  mengalami penundaan,”terangnya.

Sembari menghimbau, ada 24 tim pada safari ramdahan ini yang akan  mengujungi 46 masjid dimulai dari tanggal 16 – 17 mai 2019. Untuk  peringatan nuzul quran akan dilaksanakan tepat pada malam 17 ramadhan  di masjid nurul huda Perdamain Stabat. Sedangkan untuk menerima kunjungan Gubsu dalam rangkaian Safari ramadhan di masjid Datuk Johan Pahlawan Kelurahan Kampug Lama Kec Besitang  akan dilaksanakan pada 22 mei 2019 mendatang.

Diketahui pada acara tersebut Bupati Langkat  memberikan cendaramata secara simbolis  kepada KUA dan ketua MUI Kecamatan se Langkat. Selain itu penyerahan plakat Baznas Langkat kepada Camat Kuala dan Kadis Pendidikan atas pretasinya sebagai penggiat zakat terbanyak tahun 2018.

Sebelumnya acara diisi dengan tausiyah oleh Al –Ustad H M Rifai Barus dari Tanjung Pura, dilanjutkan sholat tawawih berjamaah.

Turut hadir wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, unsur Forkopimda Langkat, para komandan satuan TNI/Polri, kepala OJK Sumbagut, kepala BNNK Langkat, para kepala OPD Pemkab Langkat dan Camat se Langkat, Kakan Kemenag beserta kepala KUA se Langkat, ketua MUI Langkat beserta pengurus, ketua Baznas Langkat, para alim ulama, tokoh masyarakat, serta insan press.(BP/L1)

Komentar

News Feed