Soal Pilkada Kota Medan 23 September 2020, Partai Demokrat Belum Miliki Calon Walikota dan Wakil

Plt Sekjen Demokrat Kota Medan, Parlindungan Sipahutar SH MH

Medan-BP: Partai Demokrat (PD) hingga saat ini masih melakukan lobi-lobi politik dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan partai lainnya untuk berkoalisi.

“Untuk saat ini kita masih melakukan penjajakan dan lobi-lobi politik kepada PKS dan partai lainnya dalam menghadapi Pilkada Kota Medan nanti,” kata Plt Sekjen Demokrat Kota Medan, Parlindungan Sipahutar SH MH pada wartawan, Rabu (18/3/20) sehubungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan yang akan dilangsungkan pada Rabu, 23 September 2020 mendatang.

Dijelaskannya, partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di DPRD Kota Medan hanya memperoleh empat kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu. Akibatnya, lanjut Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan ini, partainya tidak bisa mencalonkan seorang diri pada pesta demokrasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan nantinya.

“Justru itu, kita sekarang telah melakukan penjajakan dan lobi-lobi politik kepada PKS dan partai lainnya supaya bisa mengikuti Pilkada. Sebab, syarat itu ikut harus minimal sepuluh kursi.

Sementara, kalau dijumlah Demokrat empat kursi. Nah misalkan, kalau saja digabung dan PKS tujuh kursi jadi semuanya sebelas dan memenuhi syarat,” kata Parlindungan mencontohkan.

Dalam situasi sekarang ini, Partai Demokrat, kata Anggota Komisi I DPRD Kota Medan ini, tinggal menunggu sinyal dari PKS.

“Jika sikap mereka (PKS) nantinya oke, maka Demokrat berpasangan dengan PKS pada Pilkada Kota Medan 2020. Meskipun demikian, kita tidak mau berandai-andai dalam masalah ini. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa ikut pesta demokrasi,” ujar Parlindungan.

Ketika disinggung calon Wali Kota Medan dari Partai Demokrat, Parlindungan dengan tegas mengatakan, belum ada.

“Kita saat ini masih mensurve para calon yang mendaftarkan diri ke Demokrat,” sebutnya.

Dia menjelaskan, calon Wali Kota Medan yang sudah mendaftar ke Demokrat berjumlah delapan orang dan Wakil Wali Kota Medan berjumlah enam orang.

“Berkas mereka itu untuk saat ini masih dalam verifikasi dan sedang berjalan. Pokoknya dalam waktu dekat kita umumkan sabar ya,” katanya. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga