Ustadz Martono Bersama Muspika dan Warga Kecamatan Percut Sei Tuan Gotong Royong Bersihkan dan Perbaiki Masjid Al Amin

Medan-BP: Pengurus Badan Kemakmuran Masjid Al Amin bersama Muspika Kecamatan Percut Sei Tuan dan warga bergotong royong membersihan dan memperbaiki Masjid Al Amin di Jalan Belibis, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (1/2/2020).

Ustadz Martono, selaku Pengurus Pejuang Islam Nusantara Sumut mengatakan, bahwa kegiatan di Masjid Al Amin tersebut untuk membantu membersihkan, merapikan dan memperbaiki halaman Masjid pasca kejadian minggu lalu.

"Warga bersama Muspika dan tokoh terkait sepakat untuk melakukan gotong royong massal guna membersihkan dan memperbaiki Masjid tersebut sehingga dapat menciptakan suasana yang damai dan lebih kondusif," jelasnya.

Selain itu, Ustadz yang dikenal oleh warga Sumut sebagai Ustadz energik dalam merawat kebhinnekaan, menghimbau agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dan semua pro aktif serta arif dan bijaksana dalam menyelesaikan perselisihan.

"Kejadian tersebut dapat terjadi karena kelalaian kita bersama dalam menangani perselisihan antara pemilik pakter tuak dengan warga, bila kita semua pro aktif serta arif dan bijaksana dalam menyelesaikan perselisihan tersebut Insyaa Allah hal yang tidak kita inginkan tersebut tidak akan terjadi," ucap Ketua Forum Kebhinnekaan Solidaritas Indonesia Bersatu Sumut.

Ustadz Martono juga berharap agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali dan selalu menyelesaikan permasalah dengan musyawarah dan mufakat.

"Mari kita bersama sama untuk tetap respon terhadap permasalahan sekecil apapun di sekitar kita agar secepatnya di selesaikan secara musyawarah dan mufakat, marilah kita mengambil hikmah dari kejadian tersebut agar tidak terulang kembali," harapnya.

Penasehat Batak Bersatu itu juga mengajak agar masyarakat agar selalu merawat dan melihara suasana yang aman, sejuk dan damai serta jauh dari perbuatan anarkis, karena Sumut termasuk barometer dari perbuatan anarkisme bagi daerah lainnya. "Bila Sumut aman maka daerah lainnya Insyaa Allah akan aman," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Lurah Kenanga, kepling, tokoh agama, tokoh pemuda, ormas kepemudaan, ormas keagamaan serta kepala KUA Kecamatan Percut Sei Tuan.

Sebelumnya, sekelompok orang terlibat bentrok di Jalan Belibis, Kelurahan Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat malam, (24/1/2020).

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edison Isir saat itu mengatakan peristiwa penyerangan tersebut merupakan buntut dari penertiban warung tuak yang dilakukan petugas Satpol PP pada Jumat siang.

Dari penertiban tersebut, kemudian menimbulkan pro dan kontra antar masyarakat setempat. Kemudian sekelompok warga melakukan penyerangan ke Masjid dan sejumlah rumah warga.

Akibat peristiwa tersebut, sejumlah fasilitas Masjid dan juga rumah warga rusak.(BP/Pandi)

Penulis: -

Baca Juga