Wawako Padangsidimpuan Ajak Masyarakat Sukseskan SP 2020 Saat Peringatan Hari Kesadaran Nasional

Ket. Gbr : Wawako Ir H Arwin Siregar MM saat menjadi Irup upacara Hari Kesadaran Nasional, Senin (17/2-2020). Foto : BP/AA

Padangsidimpuan-BP : Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan Gelar Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional bertempat dihalaman Kantor Walikota Jalan Sudirman, Senin (17/2-2020).

Upacara tersebut yang dipimpin Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir H Arwin Siregar MM yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan ini sebagai momentum untuk mengajak masyarakat, khususnya ASN agar mensukseskan Sensus Penduduk Online (SPO) 2020, ungkapnya.

Wawako menyebutkan bahwa tahun ini negara akan melaksanakan SP 2020 yang dilakukan dalam dua periode yakni periode pertama adalah SP Online yang dilakukan secara Mandiri melalui website sensus.bps.go.id pada 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020 dan periode kedua yaitu Verifikasi dan Pencacahan Lapangan pada tanggal 1 - 31 Juli 2020, jelasnya.

Arwin juga mengingatkan pentingnya SP 2020 ini agar Data dan Informasi Kependudukan yang dibutuhkan dalam berbagai kegiatan.

"Untuk itu perlu adanya Sensus guna Pemutakhiran Data menjadi Satu Data Terpadu dan juga untuk perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan kedepannya," ujarnya.

Jelas Arwin bahwa SP 2020 ini menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena SP 2020 ini menggunakan metode kombinasi, yaitu memanfaatkan Data Administrasi Kependudukan dari Dirjen Dukcapil sebagai dasar pendataan penduduk serta memanfaatkan Gadget sebagai proses pengumpul data. Hal ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir, tegasnya.

Turut hadir pada upacara tersebut Sekdako H Letnan Dalimunthe, para Asisten, Staf Ahli Wako, pimpinan OPD serta Jajaran ASN P. Sidimpuan. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga