Wow, 2,6 Ton Sampah Diangkut, Wakil Walikota Pimpin Gotong Royong

Warga saat gotong royong (gotroy) membersihkan sungai yang diselenggarakan Jajaran Kecamatan Medan Barat, Jum'at (18/10). BP/erwan

Medan-BP: Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution pimpin kegiatan gotong royong (gotroy) membersihkan sungai yang diselenggarakan Jajaran Kecamatan Medan Barat, Jum'at (18/10). Hasilnya, sangat wah dan sampah 2,6 ton telah diangkut dan dibersihkan.

Selain membersihkan aliran drainase dan jalan-jalan, konsentrasi gotong-royong juga dilaksanakan pada aliran sungai Deli yang berada di wilayah ini. Belasan orang turun dengan berbekal peralatan kebersihan seperti sapu, pengeruk sampah, cangkul dan sekop membersihkan daerah pinggiran sungai secara bersama-sama hingga bersih dari berbagai sampah terutama sampah non organik.

Wakil Walikota Medan bersama Kabag Humas Setda Kota Medan Arrahmaan Pane dan didampingi Camat Medan Barat Rudi Faisal yang turut hadir pada kegiatan gotong royong tersebut menyesalkan tindakan warga yang suka membuang sampah sembarangan terutama ke dalam aliran sungai. Karena tindakan ini yang menyebabkan lingkungan menjadi sering banjir dan tidak sehat.

"Membuang sampah ke dalam aliran sungai memang pekerjaan yang mudah namun berakibat fatal dan merugikan warga sendiri. Karena sampah yang bertumpuk dan mengendap di sungai akan menjadikan sungai dangkal yang mengakibatkan ketidakmampuan sungai menampung banyak air pada musim penghujan sehingga setiap saat sungai dapat meluap dan menyebabkan banjir," katanya.

Akhyar juga meminta kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan kebiasaan yang salah dengan membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke sungai demi kenyamanan dan kesehatan lingkungan bersama. Jika lingkungan bersih tentu warga yang mendiami wilayah tersebut juga akan sehat.

"Saya meminta kepada masyarakat, stop kebiasaan buruk menjadikan sungai sebagai tempat sampah. Mari kita jaga sungai untuk menciptakan lingkungan bersih dan bebas banjir," ujarnya. (BP/EI)

Penulis: -

Baca Juga