Hanura: Amien Rais Pasti Awalnya Tak Nyangka Prabowo Ditunjuk Menhan

Inas Nasrullah Zubir.Foto: ist

Jakarta-BP : Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memilih Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan. Partai Hanura  memprediksi ekspresi politikus Amien Rais yang dipastikan tak percaya dengan keputusan Jokowi.

"Tindakan Jokowi mempercayakan kementrian yang sangat vital, yakni (menteri) pertahanan kepada Prabowo, tentunya membuat tokoh sekelas Amien Rais-pun tertegun dan awalnya pasti tidak percaya dengan keikhlasan Jokowi tersebut, dimana ternyata Jokowi lebih mementingkan bersatunya bangsa ini kembali, dengan memberikan kepercayaan yang sangat besar kepada lawan politik-nya di Pilpres yang lalu," ujar Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir seperti dilansir dari detikcom, Selasa (29/10/2019).

Inas menilai Amien tercengang karena Prabowo diberikan posisi yang sentral dan strategis dalam Pemerintahan Jokowi.

"Jadi, Amien Rais justru tercengang, sebab jabatan menhan itu strategis dan peran Prabowo menjadi sentral. Diatas sudah saya katakan, AR tertegun atau tercengang kok berani Jokowi memberikan jabatan strategis? Dan itu diluar nalar dia," ujar Inas.

Inas juga mengomentari keputusan Amien Rais memberi restu Prabowo menjadi Menhan. Menurutnya, Amien semakin bijaksana.

"Jadi, kalau Amien Rais menjadi lebih bijaksana dalam menyikapi susunan kabinet pemerintahan Jokowi sekarang ini bahkan merestui Prabowo bergabung di Kabinet Indonesia Maju, maka hal tersebut dipengaruhi oleh keikhlasan Jokowi demi persatuan Indonesia," ujar Inas.

Inas sependapat dengan pernyataan Amien yang mana para menteri harus diberi waktu untuk bekerja. Ia meminta para menteri untuk tidak diganggu.

"Artinya Amien Rais menjadi lebih bijkasana bukan? Saya setuju, kasih kesempatan kabinet yang baru terbentuk ini untuk bekerja, dan jangan diganggu dulu," ujar Inas.

Diketahui sebelumnya, orang pertama yang ditemui Prabowo setelah menjabat Menteri Pertahanan adalah Amien Rais. Amien, yang selama ini mengkritik pemerintahan Jokowi, ternyata memberikan restu penuh kepada Prabowo.

Banyak pihak memprediksi Amien Rais bakal bersikap keras soal keputusan Prabowo jadi menteri pembantu Jokowi. Namun Amien justru menyebut kursi Menhan adalah jabatan strategis. Peran Prabowo di posisi itu disebut sentral. (red)

Penulis: -

Baca Juga