Lomba Karya Tulis Ilmiah Upaya Untuk Menggali Potensi Pelajar

Sekdakab Tapsel Parulian Nasution foto bersama dengan peserta lomba, Rabu sore (20/11-2019). Foto : Ist

Tapsel-BP: Dalam upaya untuk memfasilitasi aktualisasi kompetisi dan potensi keilmiahan para pelajar, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Taosel) melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMP dan SMA sederajat yang diselenggarakan di Lapangan Sarasi II Desa Aek Badak Jae Kecamatan Sayurmatinggi, Rabu sore (20/11-2019).

Kegiatan karya tulis ilmiah ini merupakan upaya untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan pola pikir para pelajar dalam berpikir secara ilmiah, kreatif, responsif dan berinovasi. Agar tanggap terhadap isu-isu penting dan strategis yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari.

Sekdakab Tapsel Parulian Nasution sangat mengapresiasi kegiatan karya tulis ilmiah ini, sehingga anak-anak kita mampu mencurahkan dan menemukan kreatifitasnya untuk membuat segala sesuatu atau inovasi-inovasi baru yang dituangkan dalam lomba karya tulis ilmiah ini, sehingga mereka memiliki semangat baru dalam berkarya, sebutnya.

Dikatakan Parulian, Lomba Karya tulis Ilmiah adalah suatu aktivitas yang perlu dibudayakan secara rutin dalam upaya membangun kecerdasan siswa di Tapsel. Orang yang bisa menulis adalah orang yang banyak membaca dan melatih diri untuk mampu mentransformasikan bahasa dan ide menjadi bahasa tulisan. Orang cerdas pasti mampu merencanakan masa depan di dorong kemauan yang cukup tinggi.

"Pelajar Tapsel harus kompetitif dan kualitatif untuk memiliki berbagai kompetensi, seperti Kompetensi Intelektual, Kompetensi Emosional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Spritual dan Kompetensi Vokasional," tegasnya.

Sekdakab Tapsel Parulian Nasution menyerahkan hadiah kepada pemenang tingkat SMA/sederajat.Foto : Ist

Lanjut Parulian, ke depan melalui rangkaian HUT ke-69 Tapsel kiranya akan ada kalender kegiatan tahunan yang mengarah kepada keilmuan dan pada gilirannya kita bisa mewujudkan visi misi Tapsel menuju masyarakat yang cerdas. Selamat kepada sang juara, terus berbenah diri dengan banyak latihan untuk olah pikir, olah jiwa, olah rasa dan olah kerja dan jangan lupa senantiasa olahraga untuk menciptakan tubuh yang sehat dan pikiran yang waras, tandasnya.

Informasi yang dihimpun media ini, Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk tingkat SMP/sederajat diikuti 20 orang peserta, sedangkan untuk SMA/sederajat diikuti 29 orang peserta.

Pemenang lomba tingkat SMP/sederajat, juara I Hamzah Pasaribu dari SMPN 1 Marancar, juara II Iwan Sah Putra Gulo dari SMPN 4 Angsel, juara III Aswati Ruth Lantarida dari SMPN 2 Angsel, dan harapan I Hafizah Hayati SMPS Muhammadiyah, harapan II Nursaripa dari SMPN 1 Marancar serta harapan III Laura Adinda Harahap dari SMPN 8 Satu Atap Sipirok.

Sementara pemenang tingkat SMA/sederajat, juara I Habib Ade Maryoto dari Pondok Pesantren Darul Mursyid, juara II Meriyanti Laoli dari SMKN 1 Batangtoru, juara III Afsah Diminurman dari SMAN 1 Batang Angkola, harapan I Ramadani Gultom dari MAN Tapsel, harapan II Lestiara Pohan dari SMAN Plus 2 Sipirok dan harapan III Ali Nafia Nasution dari SMK LMC Model Industri.

Selanjutnya Sekdakab menyerahkan hadiah kepada para pemenang yang masing-masing mendapatkan uang pembinaan dan piala serta piagam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut mendampingi Sekdakab Asisten Pemerintahan Umum Hamdan Zen, Kepala Bappeda Abadi Siregar, Kadis PMPPTSP Sofyan Adil Siregar dan para seluruh peserta lomba. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga