RSUD Padangsidimpuan Siap Tangani Pasien Suspect Copid-19

Walikota Irsan Efendi Nasution SH saat menerima penjelasan dari pihak RSUD terkait dengan APD penanganan pasien Covid-19, Minggu (22/3-2020). Foto : Ist

Padangsidimpuan-BP : Walikota P. Sidimpuan Irsan Efendi Nasution SH kembali menegaskan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan benar-benar siap menangani pasien Suspect Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal itu diungkapkan Irsan disela-sela saat meninjau Kesiapsiagaan pihak RSUD, Minggu (22/3-2020), yang turut didampingi Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan pencegahan dan penyebaran Covid-19 bersama Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo dan Asisten III Setdako dengan mengecek langsung perangkat Alat Pelindung Diri (APD) penanganan Covid-19.

Pihak RSUD pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa ada 70 set APD yang nantinya akan digunakan para tenaga medis saat menangani pasien Suspect Covid-19 yang meliputi Pakaian Khusus (Cover All), Sepatu, Masker, Kacamata, Topi dan Sarung Tangan.

"Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), APD ini hanya bisa digunakan sekali pakai, selepas menangani pasien Suspect Covid-19 di ruang Isolasi. Alasannya, karena ruangan Isolasi telah turut terkontaminasi oleh kuman dari si pasien," jelasnya.

Kendati per-hari ini P. Sidimpuan masih negatif Covid-19, namun kita tetap siap siaga hadapi wabah tersebut. Pemko berupaya maksimal dengan mengambil langkah-langkah strategis untuk melindungi warganya, tegas Irsan.

Tak lupa, walikota mengajak kerjasama dari semua pihak menyikapi isu wabah Covid-19 ini. Jangan panik, namun tetap waspada. Hindari tempat keramaian atau berdiam diri di rumah. Bersatu padu memproteksi Padangsidimpuan.

“Disamping itu saya juga meminta setiap orang agar tidak memberikan pernyataan-pernyataan meresahkan ke tengah-tengah masyarakat. Hal ini sangatlah perlu, agar masyarakat kita tidak resah dan tetap tenang,” pungkasnya.

Menjawab dijadikannya RSU Inanta sebagai salah satu Rumah Sakit rujukan tambahan atas penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara baru-baru ini, Walikota sangat menyambut baik penghunjukan tersebut.

“Kalau kemudian ada keputusan pemerintah menambah RSU lainnya dalam hal penanganan kasus Covid-19 di Kota Padangsidimpuan setelah RSUD, saya pikir itu sangat bagus. Tentu hal itu semakin menambah kesiapsiagaan kita hadapi wabah Virus Corona,” tandasnya. (BP/SP1)

Penulis: -

Baca Juga