8 Kader PD Pimpin Kabupaten/Kota di Sumut Jabat Ketua Fraksi

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut,Drs Herri Zuljarnain,MSi didampingi  Badan Pemenangan Pemilu Dr Masdar Limbong,MPd saat menerima berkas calon pimpinan DPRD Kabupaten Nias, Alinuru Laoli.(ist)

Medan-BP: Sebanyak 8 kader Partai Demokrat akan menjadi pimpinan DPRD di DPRD kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) periode 2019-2024.

Plt Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumut,Drs Herri Zulkarnaen,MSi mengatakan hal tersebut,usai melakukan interview/ seleksi kepada calon ketua,wakil ketua DPRD dan Ketua Fraksi Demokrat DPRD kabupaten/kota se Sumut di kantor DPD Partai Demokrat Sumut Jalan Gatot Subroto Medan, Kamis (30/8).

"Demokrat memiliki 8 pimpinan DPRD di kabupaten/kota di Sumut dan di sejumlah kabupaten /kota lainnya seperti Medan memiliki Ketua Fraksi", kata Herri Zulkarnain.

Didampingi Ketua Pembekalan Anggota Legislatif periode 2019-2024, Dr Masdar Limbong, MPd, Herri menjelaskan ke-8 kader Partai Demokrst yang akan menjadi pimpinan DPRD tersebut masing-masing di Kabupaten Nias dan Pakpak Bharat sebagai Ketua DPRD.Sementara sebagai Wakil Ketua DPRD di kabupaten Simalungun, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Asahan,Dairi dan Kota Gunung Sitoli.

Sementara di kabupaten/kota lainnya Partai Demokrat memiliki Ketua Fraksi seperti Medan,Binjai, Langkat,Deliserdang dan lainnya.

Sebelumnya, sejak 27 Agustus 2019  lalu ,Pengurus DPD Partai Demokrat   Sumut melaksanakan seleksi/ interview kepada para anggota legislatif terpilih kabupaten/kota  se Sumut di Kantor DPD Partai Demokrat Sumut.

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Drs. Herri Zulkarnain, M.Si  mengatakan bahwa interviu ini adalah merupakan program partai secara nasional, seluruh DPD Partai Demokrat di Indonesia melakukan hal yang sama.

Dewan Pimpinan Pusat(DPP) Partai Demokrat telah meminta kepada seluruh DPD Partai berlambang mersi ini, termasuk DPD Partai Demokrat Sumut untuk menginterview/menseleksi seluruh kadernya yang terpilih, untuk duduk sebagai pimpinan DPRD, baik yang nantinya menjabat sebagai ketua DPRD/wakil ketua maupun sebagai Ketua Fraksi di seluruh kabupaten dan kota Sumatera Utara.

Interview ini dilaksanakan  Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Drs. Herri Zulkarnain, M.Si,  Sekretaris DPD PD Sumatera Utara Hj. Melizar Latif, SE, MM dan Badan Pemenangan Pemilu PD Sumut Dr. Masdar Limbong, M.Pd,  yang juga sebagai Ketua Panitia Pembekalan Anggota Legislatif seluruh Sumut tahun 2019-2024.

Herri Zulkarnain menambahkan, tujuan interview ini untuk mendapatkan kader-kader terpilih yang mempunyai integritas, yaitu mempunyai kapasitas kepemimpinan yang mumpuni, mempunyai loyalitas yang tinggi kepada partai, mampu menjalin kerjasama yang baik dengan semua unsur dan elemen masyarakat, sehingga keberadaan anggota legislatif Fraksi Demokrat dapat dirasakan masyarakat untuk memfasilitasi, memperjuangkan dan membantu kebutuhan masyarakat.

"Untuk mendapatkan calon-calon pimpinan yang terbaik ini, maka sesuai juknis yang ditetapkan DPP Partai Demokrat untuk setiap posisi harus mencalonkan tiga orang, yaitu  untuk posisi calon wakil ketua DPRD tiga orang dan untuk posisi calon ketua fraksi tiga orang.

Mereka inilah yang diinterview untuk mendapatkan siapa yang lebih baik dan mampu untuk menjadi pimpinan DPRD Kabupaten maupun kota di Sumatera Utara dari fraksi demokrat periode 2019-2024",sebut Herri.

Herri menambahkan, seleksi Ketua , wakil Ketua ,Ketua Fraksi DPRD Kab Kota dan Ketua  Fraksi ,juga dilakukan agar mereka yang terpilih kedepan adalah yang memperjuangkan amanah rakyat dan tidak korupsi serta dapat bekerjasama dengan kepala daerah untuk membangun  daerahnya masing mading.

"Dan harus peduli kepada rakyat. Rakyat tdk boleh menderita, disitulah fungsi anggota legislatif dari Partai Demokrat", katanya.

Ditambahkan, DPD Partai Demokrat Sumut pun  akan menyampaikan rekomendasi hasil interview ke DPP dan memberikan penjelasan-penjelasan sesuai hasil interview yang telah dilaksanakan.(BP/El)

Penulis: -

Baca Juga